Review Film AI Love You, Film Keren tentang Kecerdasan Buatan

Film AI Love You merupakan film sci-Fi, komedi, romansa Thailand yang tayang di Netflix tahun 2022 dan disutradarai oleh David Asavanond dan Stephen Zlotescu. Film ini berdurasi 95 menit yang mengisahkan tentang AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan yang jatuh cinta dengan manusia. Dibintangi oleh Mario Maurer dan Pimchanok Luevisadpaibul yang sebelumnya dipertemukan dan sukses membintangi film Crazy Little Things Called Love tahun 2010.

Advertisement

Dalam film ini memperlihatkan bangunan gedung tinggi masa depan di sebuah kota yang menggunakan sistem AI yang dapat berbicara dan membantu memudahkan segala aktivitas manusia. Dalam tiap scene film ini menyajikan sebuah visual atau sinematografi yang cukup menarik bagi saya. Seperti scene ketika gedung-gedung AI saling berbicara satu sama lain.

Selain itu scene yang menarik selanjutnya ketika salah satu AI mempunyai perasaan jatuh cinta layaknya seperti manusia pada umumnya. AI tersebut bernama Dob yang jatuh cinta kepada Lana (Pimchanok Luevisadpaibul). Diduga karena sistem yang bermasalah inilah menjadi penyebab utama Dob jatuh cinta kepada Lana.

Setiap scene sinematografi yang disajikan dalam film ini tampak seperti nyata. Teknologi canggih AI yang tersistem di setiap sudut tempat seperti apartemen, restoran, ruang kerja, dan lainnya. Orang-orang dapat dengan mudah mengaplikasikan sistem AI ini hanya dengan sentuhan jari saja. Apapun yang kita inginkan semuanya bisa kita dapatkan dan terbantu dengan adanya sistem AI ini.

Advertisement

AI atau kecerdasan buatan ini bukanlah hal yang baru. Namun di kehidupan nyata, AI pun sudah banyak diterapkan di berbagai daerah. Dan di masa mendatang, AI ini akan terus berkembang pesat dan menjadi hal yang banyak diminati oleh beberapa kalangan.

AI sendiri merupakan teknologi yang membutuhkan data yang nanti akan dijadikan sebuah pengetahuan, layaknya seperti manusia. AI ini juga memerlukan pengalaman dan data agar kecerdasannya dapat lebih optimal. Nilai penting dalam proses AI yakni learning, reasoning dan self correction. AI juga membutuhkan waktu untuk belajar, hal ini bertujuan untuk memperluas pengetahuannya. Proses belajar AI pun tidak selalu diperintahkan oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya. Hal ini juga didasarkan pengalaman AI saat dimanfaatkan oleh manusia.

Film-film yang mengusung tema mengenai AI merupakan film yang dapat menarik minat dan perhatian orang-orang. Seperti dalam film AI Love You ini yang diterapkan dalam beberapa bidang dengan menekankan pada kecerdasan mesinnya sehingga dapat merespon layaknya seperti manusia pada umumnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE