Berbagi Pengalaman, tentang Rutin Membaca Al-Quran dan Manfaatnya

Kalian pernah merasakan nggak, kalo kita rutin dan istiqomah baca Al-Qur’an walaupun cuma 1 ayat atau 5 ayat sehari, hati jadi lebih tenang, pikiran positif, juga hidup jadi lebih produktif? Kali ini aku mau share ke kalian dampak positif yang luar biasa dari istiqomah baca Al-Qur’an.

Advertisement

Selama aku bisa menerapkan hal ini, aku bener-benr jadi tau dan ngerasain dampaknya loh! Jadi, aku berusaha untuk bisa menerapkan baca Al-Qur’an ini mulai awal masuk sekolah MAN, ya bisa dibilang umur udah besar dan alhamdulillah sampe sekarang.

Dampaknya guys, MasyaAllah luar biasa. Aku jadi lebih bisa nahan emosi, lebih bisa berpikiran positif, dan sebelum bertindak aku berpikir terlebih dahulu. Kalo mau pendapat atau berbicara, aku bisa berpikir kata-kata yang baik saat berbicara. Tapi, pasti Allah akan memberikan ujian kepada setiap hamba-Nya.

Nah, ujian yang Allah berikan itu adalah godaan dari syaithonirrajiim. Maksudnya adalah adakalanya saat aku pengen buka Al-Qur’an, baca, waktu mau tidur malem kayak ada bisikan yang kuat buat tidur aja, bacanya bisa nanti atau besok lagi. Kalo aku lagi ngantuk banget biasanya mulai tergida tuh, terus aku ke kamar mandi buat bersih bersih sekalian wudu.

Advertisement

Inget ya guys, sebelum tidur usahakan wudhu dulu. Nah, saat di kamar mandi, kan seharusnya banyak syaiton ya, tetapi aku malah dapat hidayah dengan kepikiran gini inget, pahala dan dampak positif dari kamu baca Al-Qu’an sebelum tidur, apalagi baca Surat Al-Mulk, Allah berikan penjagaan selama tidur dan nanti di akhirat pun kamu juga dapet keuntungan. Inget, yang Allah janjiin gak akan hoax.’

Dampak positif yang aku rasain selama ini. Sebelum tidur aku sempatin atau biasain baca Al-Mulk, Al-Fatihah, ayat Kursi, 3 ayat terakhir Al-Baqarah, Tri Qul (Al- Ikhlas, Al-Falaq, An-Nas) saat tidur, rasanya tenang, aman, dan nyaman banget.

Advertisement

Saat bangun tidur pun yang aku rasakan badan jadi nyaman dan bangun bisa sebelum Subuh jadi bisa Salat Tahajud atau mandi. Aku pernah sebelum tidur gak baca, dan saat tidur aku ngerasain nggak nyaman, rasanya gak bisa tidur ditambah saat bangun tidur biasanya malah udah Adzan Subuh. 

Jadi, ngambil air wudu pun terburu buru takut telat jamaah. Padahal kita dilarang terburu-buru kan guys. Sebelum dan setelah shalat wajib, sempetin juga buat baca ya, walaupun cuma 5 ayat, gak apa apa. Selalu ingat ini, awali harimu dengan baca Al-Qur’an dan akhiri harimu dengan baca Al-Qur’an. Kalo kalian udah punya pegangan kayak gitu, insyaallah Allah akan permudah segala urusanmu dan benar, aku dalam beraktivitas rasanya enak dan ikhlas.

Luangkanlah waktumu untuk baca Al-Qur’an bukan baca Al-Qur’an disaat waktu luang. Kalian pernah denger kalimat ini gak? Baca Al-Qur’an bukan di saat waktu luang, tapi luangkan waktumu untuk membaca Al-Quran.

Jika kalian udah bergantung sama Al-Qur’an apalagi sama Allah, aku yakin banget segala masalah, aktivitas, kekurangan, kesedihan mu akan dipermudah oleh Allah.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis masih menduduki tingkat mahasiswa dan menjadi salah satu mahasiswa di UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Saat ini penulis memiliki jurusan Tadris Bahasa Inggris dan mulai masuk kuliah pada tahun 2021. Salah satu anak ke dua dari tiga bersaudara. Berkeinginan menjadi penulis yang hebat dan terkenal. Berasal dari salah satu desa di Kecamatan Borobudur yaitu Desa Candirejo, Dusun Patran RT 03 RW 01. Mempunyai hobi menulis, membaca, dan berkhayal, hehe Memiliki panggilan kamalapena, untuk lebih lanjut bisa mengunjungi instagramku ya!!!

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE