Lebaran sebentar lagi nih, guys. Sudah punya resep andalan untuk makan bareng keluarga besar di hari spesial lebaran? Kalau masih bingung, kalian bisa banget nih ceki-ceki resep Gulai Ontong Udang Meledak di Lidah yang bikin nagih, guys. Kebanyakan dari keluarga muslim biasanya menyajikan menu daging saat lebaran, betul nggak? Nah, jangan khawatir, guys. Bagi kalian yang bosan dengan menu daging yang itu-itu saja, kalian bisa banget cobain resep Gulai Ontong Udang Meledak di Lidah yang dijamin bikin doyan.

Sebelumnya, yuk kenalan dulu dengan ontong! Apa sih ontong itu? Umumnya, ontong dikenal dengan sebutan jantung pisang, guys. Dalam daftar makanan 4 sehat 5 sempurna, ontong termasuk dalam jenis sayur-sayuran ya guys. Si ontong ini mudah sekali ditemukan di lingkungan sekitar. Meskipun harganya murah di pasaran, tetapi jangan ragu dengan khasiat dan kandungan gizinya ya guys.

Advertisement

Khasiatnya banyak banget nih guys. Kalau kalian cari tahu sendiri itu akan berat, sini kupas khasiat si ontong bareng aku saja. Simak baik-baik ya. Berdasarkan sebuah penelitian, 25 gram ontong atau jantung pisang mengandung 31 kkal kalori, 1,2 gram senyawa protein, 0,3 gram lemak, dan 1,7 gram zat karbohidrat. Selain itu, ontong juga mengandung vitamin A, B1, C, dan mineral penting seperti fosfor, kalsium dan Fe (zat besi) yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan untuk khasiatnya, kalian harus tahu nih guys kalau ontong ini bisa mencegah stroke, mencegah kolesterol, mencegah kanker, kaya serat, dan menyehatkan perut.

Khusus untuk ladies yang sedang diet atau menjaga berat badan dan kecantikan, boleh banget nih icip-icip Gulai Ontong Udang Meledak di Lidah yang satu ini karena si ontong memberikan efek kenyang lebih lama dan anti penuaan. Kok bisa? Iya bisa bangetlah, karena ontong mengandung zat yang disebut flavonoid yang bertugas memperbaiki sel-sel dan menangkal zat radikal dalam tubuh.

Di samping itu, ontong juga bermanfaat untuk melancarkan siklus darah, mencegah penyakit gondok, meningkatkan sel darah merah, mengontrol darah saat menstruasi, dan memperbaiki mood. Untuk para ibu menyusui, mengonsumsi ontong sangat dianjurkan sebab ontong dapat meningkatkan produktivitas air susu seorang ibu sebagaimana daun katuk. Sedangkan bagi penderita diabetes, ontong harus ada dalam menu makanan mereka karena ontong yang direbus sangat efektif untuk menurunkan kandungan gula darah, begitu guys.

Advertisement

Nah, saatnya lanjut ke sesi cara pembuatan Gulai Ontong Udang Meledak di lidah ya guys. Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan bahan-bahannya. Tenang saja guys, bahan-bahan untuk membuat Gulai Ontong Udang Meledak di Lidah gampang didapat kok. Persiapan bahan ini dibagi menjadi dua, guys.

Pertama, persiapan bahan pembuatan. Dan kedua, persiapan bahan halus ya guys. Berikut ini rincian bahannya, guys: Bahan-bahan 1 buah jantung pisang atau otong, kupas dan ambil bagian putihnya saja 200 gram udang, kupas bersih 600 ml santan kental 200 ml santan cair 2 batang serai, memarkan 2 lembar daun salam 3 lembar daun jeruk 1 cm lengkuas, memarkan Bahan halus 4 siung bawang putih 7 siung bawang merah 3 butir kemiri 1 sdt ketumbar ½ sdt merica 1 cm kunyit 5 buah cabai rawit (atau sesuai selera) gula dan garam secukupnya.

Setelah semua bahan pembuatan dan bahan halus telah disiapkan, mari kita membuat Gulai Ontong Udang Meledak di Lidah dengan gembira. Cara pembuatannya sebagai berikut: Potong-potong dan rebus ontong hingga matang, lalu tiriskan. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, masak dan aduk-aduk bumbu hingga wangi dan matang.

Tuangkan santan, masukkan ontong, tunggu hingga mendidih. Lalu, masukan udang kupas, tunggu hingga mendidih lagi dan bau enaknya merebak. Masukkan garam dan gula secukupnya. Tambahkan sedikit penyedap rasa. Masak gulai ontong udang hingga sedap. Sajikan gulai ontong udang meledak di lidah dengan nasi hangat dan lauk favorit keluarga. Taraaa, Gulai Ontong Udang Meledak di Lidah siap disantap.

Cara pembuatannya simpel dan gampangkan, guys? Ketagihan dan doyan gulai ontong udang ini sepenuhnya ditanggung kalian ya guys. Selamat mencoba.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya