#BeraniWujudkanMimpi-Saat Mimpimu Terasa Semakin Menjauh, Yaudahlah Woles Aja.

"Ketika mimpimu yang begitu indah, tak pernah terwujud, ya sudahlah. Saat kau berlari mengejar anganmu, dan tak pernah sampai, ya sudahlah .."

Advertisement

Kutipan di atas adalah sebuah penggalan lagu milik Bondan Prakoso & Fade 2 Black yang berjudul 'Ya Sudahlah'. Lagu yang menyemangati tentang mimpi-mimpi yang belum bisa terwujud. Sesuatu hal yang sangat sering terjadi dialami oleh kita. Bermimpi dan berusaha mati-matian untuk menjadi pegawai kantoran, tapi malah berakhir jadi pegawai honorer yang gajinya jauh dari layak. Bermimpi menikah secepatnya, eh, bertahun-tahun pacaran malah putus di tengah jalan. Berusaha mati-matian belajar buat masuk PTN, tapi tetep aja belum lolos. Menyedihkan? Pasti! Merasa lelah? Tidak salah lagi. Tapi benarkah ketika mimpi belum saja bisa diraih, kita bisa mengatakan 'ya sudahlah'?

Terkadang, sesuatu tidak terjadi karena memang belum untukmu atau tidak sama sekali untukmu. Menyesakan memang, ketika apa yang kita harapkan, apa yang kita impikan, apa yang kita usahakan tak pernah menjadi kenyataan. Peluh keringat, tenaga, pikiran, air mata terkuras demi mengejar mimpi. Waktu yang tidak sedikit ternyata tidak membuat semua yang kita inginkan bisa terjadi begitu saja. Lantas kita harus apa? Menerima segala sesuatu dengan ikhlas adalah jawaban utamanya.

Manusia hanya bisa berencana, tapi tetap rencana Tuhanlah yang akan terjadi. Seberapa kuatpun kamu menggenggamnya, Kalau sesuatu itu bukan untukmu, akan tetap lepas dari genggaman. Sebesar apapun tekad kamu menargetkan untuk menikah di usia 25 tahun, tapi kenyataan kamu masih melajang di usia 28tahun, kamu bisa apa? Beribu-ribu lamaran atau aplikasi beasiswa sudah kamu kerahkan, kalau Tuhan bilang tidak. Tetap tidak.

Advertisement

Menyerah? Boleh.

Menangis? Boleh.

Toh, kamu yang menjalani hidup, kamu yang merasakan beratnya bertahan dan berjuang. Tak apa bila kamu ingin berhenti, tak apa bila kamu ingin menangis tersedu. Itu hak mutlakmu. Menyerahlah bila itu bisa membuatmu lebih baik. Menangislah bila itu bisa sedikit membuatmu lapang. Lakukanlah segala sesuatu yang setidaknya bisa meringankan bebanmu, asal jangan melakukan satu hal ini, putus asa.

Advertisement

Jangan berputus asa untuk menjalani hidup. Dunia tidak akan berakhir hanya karena satu mimpimu belum terwujud. Hidupkan mimpi-mimpi yang lain, kejar, buru tujuan-tujuan yang lain. Jangan pernah berhenti bermimpi, karena kita tak akan pernah tahu, mimpi mana yang akan Tuhan jadikan kenyataan.

Sujiwo Tejo dalam bukunya Tembang TaliJiwo menulis, "orang-orang yang tak memiliki hari esok biasanya hanya orang-orang yang terlalu rendah memberi harga pada mimpi-mimpinya."

Jadi, tetap semangat! Hal yang kau tangisi hari ini akan menjadi hal yang kau tertawakan suatu hari nanti. Jangan pernah berhenti menghidupkan mimpimu. Kamu layak bahagia, dan Tuhan tahu segala kerja kerasmu. Terus #BeraniWujudkanMimpi ya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

penyuka buku, coklat, kamu, dan SEVENTEEN. 90 Line :)

CLOSE