Diremehkan dan dijatuhkan harkat dan martabat oleh orang-orang di sekitarmu terhadap apa yang kamu lakukan dan perjuangkan itu memang sangat tidak mengenakan. Tak perduli apa yang kamu lakukan dan perjuangkan selama ini menguras banyak waktu, energi, menghabiskan banyak uang bahkan hingga mengacaukan sedikit kehidupanmu hanya demi memperjuangkan apa yang menurutmu baik untuk dirimu dan masa depanmu. Mereka selalu saja dengan mudah berujar dengan ucapan merendahkan bahkan melecehkan apa yang telah kamu lakukan itu, terkadang membuat merasa jika semua itu tidak adil bagi hidupmu.

Jangan takut ataupun ingin mereka dibalas secara langsung oleh Tuhan, Ingat Tuhan tak akan memberikan seseorang cobaan melebihi dari kemampuan yang dia miliki untuk dapat melewati rintangan dan cobaan tersebut, termasuk saat kau diremehkan ataupun dijatuhkan orang lain. Saat kau sedang diuji seperti itu, sebenarnya Tuhan sedang tersenyum melihatmu dan ingin lebih mengenal siapa dirimu, seberapa tangguh dirimu dan seberapa layak dirimu untuk mendapatkan tempat yang indah atas permintaan yang ingin kau raih serta mendengar semua doa yang sering kau lantunkan dalam waktumu.

Advertisement

Jika mengikuti kehendak hati, rasanya memang benar, diremehkan dan dijatuhkan itu sangat menyakitkan. Apalagi, diremehkan saat kamu sudah memiliki banyak bukti bahwa kamu orang yang berprestasi dengan apa yang kamu perjuangkan hingga saat ini. Terlebih lagi, jika yang meremehkan mereka yang hanya bisa bicara tanpa mampu menunjukkan bukti nyata dari prestasi yang pernah diraihnya.

Tak usah terbawa arus kehancuran akan masa depanmu terhadap omongan mereka hingga merasakan sakit segitu dalamnya sehingga kau berniat untuk membalas semua dalam dendam hatimu. Abaikan saja ucapan mereka yang hanya mampu bicara tanpa berbuat apa-apa. Acuhkan saja komentar mereka yang hanya bisa jadi pem-bully saja tanpa ada bukti bahwa mereka memiliki prestasi nyata seperti dirimu.

Saat semua tak mampu kau bendung dalam hatimu, ingatlah masih ada Tuhan yang selalu mendengar ucapan dan bisikan hatimu untuk kau berbagi. Masih ada Tuhan yang selalu setia mendengar setiap doamu bahkan saat kau terpuruk sekalipun dalam waktumu.

Advertisement

Tetaplah berjuang dengan apa yang kamu lakukan selama ini. Selalu berdiri seperti saat ini, tangguh dan tak pernah mengenal kata sakit hati, dendam apalagi menyerah hanya karena omongan mereka. Asah terus kemampuanmu semakin mumpuni dan jangan lupa untuk meminta restu orang tua, kerabat dan Tuhan sebagai pemiliki dunia ini. Berjuanglah, berdoalah dan yakinlah bahwa suatu saat nanti masa depanmu akan berubah pada saatnya yang tak tepat tanpa kau sadari nanti, mereka yang meremehkanmu dan menjatuhkanmu itu akan menjadi pengagummu, mereka yang melecehkanmu akan menjadi termangu akan keberhasilanmu, mereka yang hanya mampu menyudutkanmu akan diam membisu dengan keelokan budi pekertimu.

Jadi, Tetap tersenyum meskipun terkadang senyum mereka tak berpihak padamu. Tetap semangat meskipun terkadang mereka tak memberimu semangat. Tetap bersabar meskipun terkadang mereka meremehkan bahkan menjatuhkanmu. Ingatlah satu hal dalam hidupmu, Jika sesuatu yang dilakukan dengan baik, maka akan mendapatkan balasan yang baik pula, termasuk kau yang sedang berjuang saat ini dengan baik demi sesuatu yang baik untuk hidup dan masa depanmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya