Battle Sate Padang dan Sate Madura, Mana yang Lebih Nikmat dan Paling Mengugah Selera?

Walaupun sama bernama sate, namun ternyata ada banyak perbedaan.

Indonesia terkenal dengan banyak keanekaragaman mulai dari budaya, bahasa hingga makanan yang di antaranya seperti Sate Padang dan Sate Madura. Kedua jenis makanan tersebut walaupun penyebutan sama, namun asli hampir berbeda 90%, percaya atau tidak hanya memiliki kesamaan pada tusuknya saja. Tentu di antara 2 sate tersebut memiliki ciri khas masing-masing, kamu bisa temukan makanan tersebut dari pinggiran hingga restaurant, dan ada beberapa yang memamerkan menu tersebut di luar negeri, salah satunya Malaysia.

Advertisement

Namun beberapa pekan ke belakang ini banyak sekali netizen di sosial media memperdebatkan bahkan saling menjelekan salah satu sate tersebut dan debat mana sate yang paling enak. Jadi jika kamu membandingkan mana sate yang lebih nikmat dan menggugah selera maka ketahui dahulu perbedaan kelebihan dan 


Sate Madura



  1. Terdapat 2 pilihan Bumbu yakni Kacang dan Kecap

  2. Ada 2 Pilihan Daging Sapi/Kambing

  3. Daging yang tebal 

  4. Lontong

  5. Bisa Pedas bisa Sedang


Sate Padang 



  1. Kuah dari Santan Meleleh di Lidah

  2. Rat-rata Pedas

  3. Aroma yang Wangi

  4. Ketupat

  5. Daging Ayam

  6. Kalau Lagi Beruntung di Kasih Tulang Ayam

Advertisement

Penting untuk diketahui : Sejatinya sate padang itu terdiri dari daging ayam, bukan daging giling yang di kotak-kotak seperti yang kamu temui di sekitaran pulau jawa.

Nah tentu sedikit penjelasan berbedaan di atas menunjukan bahwa ternyata ada banyak sekali perbedaan, sate madura memprioritaskan pada dagingnya sedangkan sate padang memprioritaskan pada kuahnya. Makanya tidak heran sate padang ada tambahan seperti keripik balado misalnya, apalagi ngikutin trend warga zaman now dikasih nasi, yaaa ketupat ditambah nasi. Sedangkan sate madura memprioritaskan pada daging, umumnya satu tusuk itu terdiri 3 potong 2 diantarnya daging dan satu lemak, wajar saja ketika kita melahap 1 tusuk sate madura berasa joss di tenggorakan langsung jleb uenak,puas.

Bumbu pada sate madura juga bisa dikombinasikan, jadi kalau agan mau beli, "pak sate nya satu porsi", "kuahnya kecap apa kacang neng"? jawab saja : dicampur bg. hehe

Jadi terlepas apapun makanan nusantara kita, pada hakikatnya semua nya enak, mengikuti style lidah kita masing-masing saja, jika suka sate madura yaa mantap, suka sate padang ya mantap juga. Terus author suka sate mana ? kalau saya paling suka dan senang banget sama sate gratis, ditambah makan bareng doi lalu duduk ditaman berduan sambil cengegesan. itu paling nikmat sekali, hehe.

Jadi makanan apapun di nusantara negara indonesia kita ini tidak perlu saling menjelekan, kalau perlu kita dukung semua agar sampai ke mancanegara, salah satu contoh rendang, dengan begitu nama negara kita harum di dunia. Coba bayangkan seandainya banyak orang luar berbondong-bondong datang ke indonesia untuk mencoba kuliner Indonesia, tentu kita semua pasti bangga. Jadi buat agan dan aganwati suka sate apa?

Mau pilih keduanya juga boleh, dan pastinya kita tidak boleh saling mengejek kuliner Indonesia satu sama lain, karena itu kewajiban kita untuk mendukung, melestarikan dan menjaga agar generasi selanjutnya juga dapat menikmati makanan tersebut.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE