4 Hal Penting Sebelum Buka Rekening Bank. Nggak Boleh Asal Milih atau Asal Ikut Teman

sebelum buka rekening bank

Memilih bank susah susah-susah gampang. Banyak pilihan, tapi jangan sampai salah pilih. Pilih yang sesuai dengan gaya hidup, status keuangan, dan yang memberikan layanan yang praktis dan nyaman. 

Advertisement

Bank yang baik akan selalu menjaga dan mengelola uangmu secara profesional dan tetap memberi kendali penuh atas penghasilanmu. Kamu akan terhindar dari banyak urusan membingungkan yang membuang waktu dan bikin frustasi. Ada 4 faktor yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih bank yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhanmu.

1. Untuk kebutuhan saat ini dan masa depan

Saat memilih bank, pastikan kamu berpikir tidak hanya untuk hari ini tetapi bertahun-tahun ke depan. Kamu tentu tidak ingin harus melakukan proses pengalihan bank berkali-kali bukan? Kamu tidak perlu harus pindah dari tempatmu membuka akun, memeriksa apakah bank memiliki cabang di mana kamu berencana untuk pindah atau di suatu tempat di sekitarnya. Pastikan bank yang kamu pilih memiliki layanan daring dan seluler mereka agar bisa melakukan transaksi dimana dan kapan saja dengan praktis dan aman.

2. Jenis akun yang kamu inginkan

Pertimbankan jenis simpanan yang kamu inginkan, apakah tabungan, giro, setoran berkala, atau lainnya. Cek apakah bank yang dipilih memiliki layanan itu atau tidak. Pastikan juga apakah bank tersebut memiliki layanan lain seperti kartu kredit juga. 

Advertisement

3. Biaya bank

Selanjutnya, pilih bank yang berbiaya lebih murah, karena itu penting untuk membuat perbandingan antar bank. Namun, jangan bergantung terpikat hanya pada murahnya biaya bank saja biaya, karena ini tidak bisa menjadi ukuran baik tidaknya suatu bank. Tapi kalau sama-sama baik, kita tentu lebih memilih bank yang berbiaya murah. 

4. Suku bunga

Terakhir, faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah suku bunga bank dan keamanannya. Pilih bank yang mampu memberikan suku bunga yang menarik pada depositomu tetapi juga mampu memberikan rasa aman atas simpananmu. 

Saya pribadi sudah lama jadi nasabah Bukopin. Biaya banknya murah. Sempat deg-degan juga waktu dikabarkan bank ini mengalami masalah, walaupun saya sendiri nggka sempat merasa kena masalah. Tapi saya lega, bank favorit ibu saya sejak beliau muda ini kabarnya sudah didukung Bank Kookmin. Bank asal korea selatan ini menurut media bisnis masuk peringkat 10 bank terbaik di asia dengan aset ribuan trilyun. Jadi makin aman deh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

𝐖𝐨𝐫𝐤 𝐓𝐨𝐠𝐞𝐭𝐡𝐞𝐫 𝐓𝐨 𝐌𝐚𝐤𝐞 𝐈𝐧𝐝𝐨𝐧𝐞𝐬𝐢𝐚 𝐁𝐞𝐭𝐭𝐞𝐫 𝐈𝐧 𝐅𝐮𝐭𝐮𝐫𝐞

CLOSE