Tentang Niat Berkurban dan Kesulitan di Balik Mewujudkannya

Berkurban

Hari Raya Idul Adha identik dengan kurban yang dimana merupakan salah satu ibadah yang bertujuan untuk mensyiarkan Islam dilansir dari zakat.or.id. Untuk melakukan kurban, seorang muslimin ataupun muslimah diharuskan berniat untuk mengurbankan sebagian dari hartanya untuk membeli sebuah hewan sembelih. 

Advertisement

Walaupun memang terbilang sunnah, tapi bagi orang yang sudah mampu seharusnya bisa berkurban. Hal ini berdasarkan pada sabda Rasulullah SAW,


“Apabila telah tiba sepuluh hari (sepuluh hari pertama) dan diantara kalian ada yang ingin berkurban maka hendaklah ia tidak memotong rambut dan kulitnya sama sekali.” (HR Muslim)


Nah, sudah mulai dari mana nih niat kurban kamu sekarang? Masih BELUM ADA? Coba deh simak beberapa hikmah kurban berikut ini,

1. Kurban Bukan Kurbanin Hati, Tapi Kurbanin Sebagian Harta Kita

Tahukah kamu kalau berkurban itu sarana untuk menyucikan diri dan harta? Alhamdulillah kita dikasih sarana yang sangat disukai Allah di hari Raya Idul Adha. Cukup dengan menyisihkan uang 2-4 juta, kita sudah bisa membagikan daging kepada orang-orang yang membutuhkan.

Advertisement

Nah, sayang banget kan jika orang yang kaya dan mampu untuk berkurban namun tidak menyelenggarakannya? Kapan lagi kita berkesempatan menyucikan diri untuk Allah semata?

2. Kurban Mengajarkan Kita untuk Menabung

Baru-baru ini, sebuah berita viral menceritakan tentang sekolompok anak kecil yang bisa menabung selama 10 bulan untuk kurban bersama di kampungnya. Bersumber dari suara.com, 7 anak-anak kecil yang berasal dari Bogor itu kini sudah bisa membeli sapi.

Orang tua mereka bahkan tidak memberi banyak untuk ketujuh anak tersebut. Mereka hanya berpesan untuk menabung dan anak-anak itu pun akhirnya berhasil menabung untuk melaksanakan kurban yang padahal mereka belum wajib untuk melakukannya. Anak kecil aja bisa, kenapa kamu belum juga, Sahabat?

3. Kurban Mengajarkan Kita untuk Berbagi

Kenapa sih anak-anak itu bertekad untuk berkurban padahal penghasilan mereka pun belum tetap? Itu dia indahnya berbagi. Selain menyebarkan syiar Islam, kurban juga mengajarkan kita untuk berbagi dengan sesama kita. Jika kita biasa makan daging dengan harga selangit, dengan kurban, kita bisa membagi daging yang fresh dengan orang-orang yang tidak mampu. Maukah Sahabat berbagi dengan mereka?

Banyak juga ya manfaat kurban itu? Sekarang pertanyaannya adalah semudah apakah kurban itu? Bagaimana dengan pengeluaran kita di masa depan apakah dapat terpenuhi?

Kawan ku yang tercinta… Jika kamu berniatkan kurban dengan ikhlas karena Allah SWT, maka insya Allah akan ada banyak jalan untuk kamu supaya bisa memenuhi kurban tahun ini dan akan banyak cara Allah SWT membalas kebaikan mu di lain waktu. 

Masih mau nunggu besok? Kalah deh sama anak kecil! Ayo dari pada banyak berpikir, mari kita mulai berkurban tahun ini!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE