Sedang Dilanda Krisis Percaya Diri? Peran Orang Terdekat Sangat Penting, Berikut 5 Tipsnya

Krisis Percaya Diri

Menerima komentar buruk, keinginan tidak tercapai, ditolak seseorang, bertepuk sebelah tangan, dan tidak mendapatkan pekerjaan yang diinginkan seringkali menjadi penyebab bagi seseorang yang mengalami krisis percaya diri. Bahkan terkadang sebagian orang merasa bahwa dirinya sedang berada di fase tidak percaya diri mengenai segala hal.

Advertisement

Mengapa bisa tidak percaya diri? dalam konteks ini tentunya setiap orang pasti memiliki tingkat rasa kepercayaan diri yang berbeda-beda, beberapa orang ada yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan beberapa orang ada yang memiliki rasa percaya diri yang rendah.

Saat sedang mengalami krisis percaya diri seringkali kita merasa bingung bagaimana cara mengatasinya. Namun, apa itu krisis percaya diri? krisis percaya diri merupakan kondisi dimana seseorang sedang merasakan bahwa dirinya lebih rendah daripada orang lain ataupun sedang merasa dirinya tidak mampu seperti orang lain. Krisis percaya diri atau Crisis of Self Confidence merupakan hal yang sangat wajar untuk dialami oleh setiap orang. Bahkan kondisi ini telah dibuktikan oleh para psikologi perkembangan yang mengatakan bahwa sedari kecil hingga saat ini, seseorang akan selalu mengalami krisis percaya diri.

Pada dasarnya setiap orang yang sedang mengalami krisis percaya diri sangat membutuhkan dukungan dan arahan yang tepat agar dirinya dapat kembali percaya diri lagi. Dalam hal ini, ketika kamu sedang mengalami krisis percaya diri. Orang terdekat seperti ayah, ibu, sahabat, pacar, saudara kandung dan orang terdekat lainnya memiliki peran yang sangat penting dalam membantu kamu untuk memperbaiki krisis percaya diri yang saat ini sedang kamu alami.

Advertisement

Mengapa harus orang terdekat? Hal ini disebabkan karena orang terdekat merupakan orang-orang yang pastinya memiliki tempat spesial ataupun memiliki arti khusus di kehidupan kamu. Selain itu, orang terdekat terutama anggota keluarga merupakan sosok yang amat sangat penting dalam pembentukan konsep diri kamu sedari kecil yang bisa saja menjadi pengaruh ketika kamu mengalami krisis percaya diri seperti saat ini. Lalu, Bagaimana cara memperbaiki krisis percaya diri melalui orang terdekat?

Pertama, pilih orang terdekat yang bisa kamu percaya

Advertisement

Dengan kamu memilih orang terdekat yang bisa kamu percaya hal ini akan sangat bermanfaat untuk kamu, karena dengan kamu memilih orang yang bisa kamu percaya seluruh cerita ataupun rahasia yang akan kamu utarakan dapat disimpan dan dijaga dengan baik oleh orang tersebut. Ingat, pastikan dengan benar dan pilih dengan teliti apakah orang tersebut benar-benar bisa kamu percaya dan dapat menjaga segala cerita yang akan kamu utarakan kepadanya.

Kedua, pilih orang terdekat yang betul-betul mengenal kamu

Ketika kamu sudah memilih orang terdekat yang dapat kamu percaya hal kedua yang dapat kamu lakukan ialah memilih orang terdekat yang betul-betul mengenal kamu. Jika demikian, ketika kamu memilih orang terdekat yang benar-benar mengenal kamu dari segala hal yang ada di diri kamu mulai dari sikap, perasaan, karakter, bahkan masalah yang sering kamu hadapi. Orang tersebut akan dengan sabar menemani, menanggapi, dan mengerti kamu yang sedang berada di fase tidak percaya diri.

Ketiga, pilih orang terdekat yang bisa menilai kamu

Ketika kamu sudah mendapatkan orang terdekat yang dapat kamu percaya dan yang betul-betul mengenal kamu, langkah selanjutnya kamu dapat memilih orang terdekat yang bisa menilai kamu dengan baik. Pada tahap ini, orang yang dapat memberikan penilaian terhadap kamu sangat bermanfaat, karena orang tersebut dapat memberikan solusi-solusi tepat yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari proses krisis tidak percaya diri yang kamu alami. Akan tetapi pilihlah orang yang benar-benar bisa memberikan penilaian yang positif terhadap kamu bukan malah sebaliknya.

Keempat, ceritakan seluruhnya

Ketika kamu sudah menemukan orang yang bisa dipercaya, orang yang betul-betul mengenal kamu, dan orang yang bisa memberikan penilaian terhadap kamu. Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan ialah ceritakan seluruhnya dalam artian ceritakan segala keluh-kesah yang kamu alami saat ini sehingga membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Pada tahap ini, sangat diharapkan kamu benar-benar menceritakan seluruh hal kepada orang yang sudah kamu pilih sebelumnya. Tahap ini sangat penting untuk kamu agar kamu bisa merasakan perasaan yang lebih tenang dan lebih nyaman ketika kamu sudah mengutarakan seluruh hal mengganjal yang membuat kamu tidak percaya diri.

Kelima, istirahatkan raga dan pikiran

Ketika kamu sudah melakukan tahap-tahap yang ada pada sebelumnya, namun kamu masih merasa tetap tidak percaya diri. Hal yang dapat kamu lakukan ialah istirahatkan raga dan pikiran kamu agar kamu bisa lebih tenang dan disarankan agar kamu menghindari hal-hal yang sekiranya membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Pada dasarnya, Tidak ada salahnya jika kamu menghindar atau menyendiri untuk mengistirahatkan diri kamu. Pada tahap ini diharapkan kamu betul-betul menggunakan waktu untuk beristirahat dan membuang ataupun menghilangkan pikiran yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri lagi.

Pada tahap-tahap tersebutlah hal yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki krisis percaya diri dengan orang terdekat kamu. Pada prinsipnya, krisis percaya diri yang dialami oleh sebagian orang ditentukan juga oleh konsep diri yang dibangun dan dimiliki oleh orang tersebut, bahkan tidak jarang ketika orang yang mengalami krisis percaya diri hal itu disebabkan oleh konsep diri yang mereka miliki. Maka dari itu Peran orang terdekat betul-betul sangat penting dalam membangun konsep diri dan memperbaiki krisis percaya diri.

Di samping itu, bagi kamu yang sering mengalami krisis percaya diri tidak ada salahnya bahkan sangat baik halnya jika kamu membangun kembali konsep diri yang positif dengan orang terdekat ataupun dengan anggota keluarga kamu agar kamu bisa merasa percaya diri lagi. Ketika kamu membangun kembali konsep diri yang positif bersama orang terdekat kamu, kamu bisa saja menjadi pribadi yang lebih baik lagi atau bahkan bisa saja kamu menjadi sosok yang lebih percaya diri dari sebelumnya. Biarpun begitu, dalam proses pemulihan krisis percaya diri seluruh keputusan ada pada diri kamu, kamu ingin keluar atau tidak.

Teruntuk kamu yang saat ini sedang berada di fase krisis percaya diri, tetap semangat ya. Dan sesibuk apapun kamu mari luangkan waktu, luangkan pikiran, dan luangkan energi kamu untuk beristirahat dari segala hal yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Tanamkan di diri kamu bahwa kamu itu hebat, kamu itu cantik, kamu itu ganteng, kamu itu pintar, kamu itu keren. Ingat, pilihan ada di tangan kamu dan orang terdekat kamu akan selalu ada dan menemani kamu. Siapapun kamu, di manapun kamu, ingatlah bahwa kamu tidak sendirian.



Source

Wood, Julia. T (2013). Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian Edisi 6. Jakarta: Salemba Humanika.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE