Berbicara masalah hati dan perasaan mungkin tak pernah ada habisnya, apalagi bagi kita yang pernah dan tak luput dari rasa kecewa dan terluka oleh hati dan perasaan kita sendiri. Namun semua itu sama seperti alam semesta ini, tidak akan kita saksikan apa yang terjadi di alam ini akan sama hari ke hari.

Semua pasti ada jedanya,seperti siang yang terik dan panas akan lembut oleh senja yang redup dengan lukisan jingga di ufuk barat, kemudian berganti dengan malam gelap yang dingin membisu, tapi percayalah pagi yang sejuk akan menjamahmu, begitu juga hati dan perasaan di saat kita merasakan hati berbunga perasaan juga merasakan betapa indahnya dunia. Namun di saat apa yang kita percaya tak sesuai kenyataan semuanya berubah menjadi sangat menyakitkan oleh rasa kecewa.

Advertisement

Semua itu kadang selalu terus berputar seenaknya seperti bermain-main dalam hidup kita, bahkan ada yang menetap lama dalam rasa hampa penuh penyesalan. Namun percayalah di balik semua duka yang dalam akan ada bahagia indah yang terpendam.

Semuanya akan terasa lebih menyenangkan dari apa yang kita pikirkan di saat kita terluka. Rasa sabar dan menikmati setiap prosesnya adalah cara yang tepat untuk tidak lagi terjatuh ke dalam luka yang sama. Jangan pernah membuat luka baru di atas luka lama, karena rasa sakitnya akan tetap menjelma walaupun kita merasa baik-baik saja.

Mungkin terasa lambat dan lama namun perlahan tapi pasti dan hati yang tersakiti akan terobati, hari yang kelam akan terang lagi. Hanya saja rasanya tak akan pernah sama dan kita harus bisa merasakan sesuatu yang baru tanpa membandingkan dengan keindahan yang lama.

Advertisement

Semua yang berlalu biarlah menjadi kenang dan yang sekarang kita harus jadi pemenang. Jadikan luka, duka dan lara sebagai kekuatan super untuk menembus dunia yang lebih baik. Karena tidak ada guru yang lebih hebat dari luka, sebab luka membuatmu akan tahu tentang bagaimana hidup ini berjalan dengan semestinya sesuai kebutuhanmu walaupun tak seperti keinginan dan harapan.

Di saat yang tepat dan di waktu yang benar semuanya akan bersinar, ruang yang dulu gelap akan terang, hati yang dulu kosong akan terisi serta luka yang berdarah akan kering dan senyum yang pernah pergi akan kembali ke tempat semestinya. Di sanalah kita akan sadar tuhan sangat menyanyangi kita, karena luka yang di berikannya bukanlah musibah bahkan itu anugerah yang sangat besar untuk kita lebih banyak mengerti tentang makna sabar yang sebenarnya.

Setelah kita melaluinya dengan baik dan sabar, semoga apa yang kita lalui mengantarkan kita kepada apa yang tak pernah kita rencanakan bahkan tak pernah kita bayangkan terjadi dan di saat itulah kita mengerti tentang arti semua yang terjadi di bumi ini mengikuti rotasinya masing-masing. Semoga kita akan selalu tetap bisa memelihara hati kita selamanya dan selalu berbahagia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya