Sepengal Sejarah, Awal Peradaban Bangsa

Djangan sekali-kali meninggalkan sedjarah, - Ir Soekarno

Berangkat dari kesatuan pidato presiden pertama indonesia pada 17 agustus 1996 yang dikenal dengan “Jas Merah”. Menyadarkan bahwa begitu pentingnya sejarah sebagai awal peradaban sebuah bangsa. Salah satu sejarah penting bagi bangsa Indonesia yaitu lahirnya pancasila sebagai ideologi Negara Republik Indonesia. 

    

Dahulu Jepang mengalami kekalahan dalam perang pasifik, oleh sebab itu Jepang ingin mengambil hati dari masyarakat nusantara agar mendukungnya. Salah satu cara Jepang mengambil simpati dengan menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia. Kemudian untuk mempersiapkan kemerdekaan dibentuklah lembaga yang diberi nama Dokuritsu Junbai cosakai. Rapat perdana dari lembaga ini di Gedung Chuo Sangai In ( sekarang Gedung Pancasila) membahas mengenai tema dasar Negara. 

Advertisement

Pada tanggal 1 juni 1945 Ir. Soekarno menyampaikan gagasan terkait dasar Negara Indonesia yang diberi nama “Pancasila”, panca artinya lima sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Lima dasar untuk Negara Indonesia yakni sila pertama “Kebangsaan, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan Sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”. Jadi untuk memperingati hari dimana pancasila disampaikan dan diperdengarkan secara umum pada tanggal 1 juni ditetapkan sebagai hari lahirnya pancasila. 

Begitulah sepengal cerita sejarah dari pancasila, selain mengetahui juga harus memahami apa arti dari pancasila sebagai dasar Negara. Para pendiri sudah susah payah dalam merumuskan pancasila, sudah sepantasnya kita mengamalkannya. Dasar Negara pancasila sangat penting bagi peradaban bangsa Indonesia karena sebagai pedoman dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. 

Maka dari itu kenapa pancasila sudah dikenalkan pada tingkat pendidikan terendah PAUD dan Tk, karena memang sepenting itu ideologi untuk dipahami oleh warga Indonesia. Apalagi ketika sudah memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi, tidak hanya sekedar mempelajari lima sila tetapi juga makna dari setiap sila hingga butir-butir pancasila harus benar-benar dipahami. Serta tidak lupa undang-undang mengenai pancasila juga harus dipelajari karena selain kita tahu, juga agar dapat menghindari kesalahan dari pelanggaran undang-undang terkait pancasila. 

Advertisement

Saya sangat menyukai sejarah, hingga terkadang jika dilanda kebosanan membaca buku sejarah menjadi sebuah hiburan. Akan tetapi, bisa dipungkiri sebagaian dari kaum pelajar merasa jika mendengarkan atau membaca sebuah sejarah merupakan suatu hal yang membosankan. Sampai guru yang mengajar sejarah sering disepelekan bahkan kurang disukai oleh para murid maupun mahasiswa. 

Sebenarnya banyak manfaat yang dapat diambil dari sebuah sejarah. Menurut saya sejarah itu sebagai saksi, rekam jejak, dari sebuah kejadian dimasa lampau hingga sekarang. Sejarah juga bisa dijadikan data atau bukti otentik peradaban manusia dari zaman masa lampau hingga modern.

Advertisement

Dengan sejarah juga kita dapat belajar dari pengalaman orang terdahulu dalam menjalani kehidupan kedepanya. Apalagi sejarah peradaban bangsa, seperti hari lahirnya Pancasila 1 juni  1945, pada saat itu merupakan peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Berkat peristiwa yang sangat bersejarah tersebut, disitulah awal peradaban bangsa Indonesia menjadi lebih baik. 

Bukan hanya sejarah mengenai peradaban bangsa tapi sejarah yang lainnya juga penting untuk diketahui. Terkadang sejarah juga sering memberikan suatu pesan yang tersembunyi pada perisitiwa terdahulu. Sejarah juga sering diubah dan dipalsukan bahkan disembuyikan karena memang sepenting itu sejarah harus diketahui oleh khalayak.

Sejarah itu menyimpan banyak hal yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang, menurut saya orang yang menyukai sejarah adalah orang yang beruntung. Beruntung bisa selangkah mengetahui hal yang diangap tabu dan jarang diperhatian oleh sebagian orang dan beruntung bisa ikut melestarikan sebuah sejarah peradaban bangsa maupun sejarah dari suatu kehidupan manusia. 

Begitulah sepengal sejarah, awal peradaban bangsa dimana sejarah menjadi catatan penting bagi suatu peristiwa yang terjadi pada saat dahulu. Tidak menyukai sejarah bukan sebagai alasan untuk tidak mengenang sejarah, apalagi berhubungan dengan bangsa sendiri.

Sudah sepantasnya kita mulai mempelajari sejarah, baik sebagai pengetahuan maupun sebagai referensi untuk menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Selanjutnya agar kita mengetahui perjuangan para pendiri bangsa terdahulu untuk kehidupan bangsa Indonesia menjadi seperti sekarang yang sudah merdeka dan lebih baik. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE