Sebenarnya Apa sih Paraben Itu? Benarkah Berbahaya? Para Pecinta Skincare Harus Tahu!

Apa sih paraben? Apakah berbahaya jika kita menggunakan produk kecantikan yang mengandung paraben?

Saat ini wanita sangat peduli dengan penampilan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Terutama kulit wajah yang membuat perempuan lebih sensitif dalam memilih produk skincare yang aman. Mungkin beberapa di antara kalian tidak asing ketika membaca produk dengan label “no paraben” atau “free paraben”. Lalu apakah kalian pernah mempertanyakan apa sebenarnya paraben? Dan apakah berbahaya jika kita menggunakan produk yang mengadung paraben?

Advertisement

 

Apa itu paraben ?

Paraben adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet yang sifatnya antibakteri dan antijamur yang fungsinya untuk memperpanjang ketahanan dari suatu produk. Bukan hanya ada pada produk skincare, paraben juga terdapat pada makanan, obat, dan kosmetik. Seperti pada sampo, sabun, pasta gigi, dan lotion. Nah untuk mengetahui apakah pada produk skincare yang kita miliki terdapat paraben atau tidak, kita bisa melihat ingredient list. Biasanya, paraben yang paling sering digunakan adalah methylparaben, butylparaben, dan propylparaben.

Advertisement

 

Jadi paraben itu sebagai bahan pengawet yang fungsinya untuk menjaga kualitas produk yang kita pakai agar terhindar dari bakteri dan jamur. Lalu kenapa paraben di buat seolah-olah musuh dari setiap skincare? Kenali dulu, awal mulanya terjadi pada tahun 2004 terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa terdapat jaringan paraben di dalam kanker payudara. Padahal dari penelitian tersebut tidak pernah disimpulkan bahwa paraben itu memicu kanker payudara hanya saja terdapat jejak paraben pada 20 sampel yang sumbernya pun tidak bisa dipastikan apakah berasal dari produk kosmetik atau tidak yang pada akhirnya membuat kehebohan dan menjadi misteri bahwa paraben itu dapat memicu kanker payudara.

 

Di tahun 2014, regulasi Uni Eropa menyatakan bahwa negara Uni Eropa melarang penggunaan produk kosmetik yang mengandung isopropylparaben, isobutylparaben, phenylparaben, benzlyparaben, dan pentylparaben karena kurang nya data apakah kandungan paraben tersebut aman jika digunakan di dalam produk kosmestik. Jadi bahaya nggak sih kalau kita menggunakan produk yang mengandung paraben? Di sisi lain paraben sebenarnya baik untuk menjaga produk kita lebih tahan lama dan juga menghindari bakteri dan jamur namun harus tetap dalam konsentrasi tertentu. Tapi buat kalian yang tidak ingin ada efek samping dari penggunaan paraben kalian bisa menggunakan produk skincare yang natural dan juga organik yang pastinya jauh lebih aman.

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE