Siapa sih yang nggak tau demam hallyu atau biasa disebut halyyu wave, dimana semua kalangan dari anak muda ke orangtua tergila-gila dengan yang namanya Korea, mulai dari K-pop, K-drama, makanan dan budayanya yang terkenal bagus. Mau kan bicara dengan idola mu dengan bahasa Korea yang fasih, jika masih ada yang bingung mau jurusan apa di kuliah, Sastra Korea lah yang paling cocok bagimu! Dalam Sastra Korea kamu akan diajarkan budaya, bahasa, hangul, dan pelafalan yang benar.

Jika kalian masih belum tau jurusan apa yang akan kalian pelajari di Kuliah, terutama jika kamu suka dengan hal berbau Korea termasuk K-pop, drama atau variety show, nah pasti kalian akan suka dengan jurusan ini, yaitu the one and only, Sastra Korea karena berdasarkan murid UI atau Univeritas Indonesia yang ambil jurusan Sastra Korea (Audi), ia bilang,

Advertisement


“Kelasnya itu benar-benar seru dan cocok untuk kalian yang suka Korea. Apalagi setiap pagi sebelum kelas dimulai, dosennya muterin musik video K-Pop,” Nah tuh bonus lagi, siapasih yang nggak mau liat para Oppa dan Noona yang ganteng dan cantik setiap hari sebelum belajar.


Kalau gitu mah aku juga mau deh. Pada percaya nggak kalau dibilang dosennya baik, apalagi UI atau dosen kuliah lain paling dikenal dengan seram dan tegasnya, sedangkan dosen jurusan SasKor (Sastra Korea) di UI itu gak ada yang killer, semunya baik dan termasuk dosen paling baik juga di UI. “Dosen di UI jurusan Sastra Korea juga pada baik-baik banget, dan termasuk dosen paling baik juga di UI,” ucapnya.


Kalau di jurusan SasKor, cara belajarnya akan dibagi menjadi, istening, speaking, writing dan grammar. Berdasarkan dari interview narasumber yang mengambil SasKor di UI Audira Shafiera, katanya “Bagian yang paling susah adalah listening, karena orang Korea kalau ngomong itu cepat dan kita harus langsung ngerti.”


Advertisement

Jangan salah juga, siapa bilang ambil Sastra Korea bakal susah cari pekerjaan, dalam mempelajari Sastra Korea kita bisa jadi translator atau interpretor dari sebuah event, terutama jika eventnya adalah artis Korea, kamu bisa kerja sekalian bertemu dengan idolamu, dan juga penghasilannya pun juga tidak sedikit, tidak hanya dapat gaji tapi kita juga bisa dapat pengalaman baru yang seru.

Terakhir informasi dari narasumbernya “Kita juga ada summer school, dimana kita Kuliah di Universitas Korea selama satu bulan, dan jika kalian dari UI, kita tuh dikasih benefit dari Koreanya juga, seperti dikurangin harga atau hal-hal lainnya yang menguntungkan.”

Nah gimana nih, udah tertarik belum buat belajar Korea di Universitas Indonesia? Dengan semua pengalaman yang menyenangkan dan mempelajari hal yang kita sukai, aku yakin kalian bakal nyaman dan cocok di situ. Makasih yaa sudah mau baca, kalau kalian mau bagi pengalaman kalian atau pertanyaan, bisa langsung komen saja dibawah. Terima kasih teman-teman. Fighting!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya