Hal yang harus disiapkan agar badan dan kulit tetap sehat di tengah cuaca ekstrim

Cuaca ekstrem adalah hal yang bisa mempengaruhi kesehatan dan kondisi kulit kita. Cuaca ekstrem biasa terjadi ketika masa pancaroba, yaitu peralihan musim kemarau ke penghujan maupun sebaliknya. Di masa pancaroba, sering terjadi perubahan cuaca secara mendadak, dari cerah tiba-tiba menjadi mendung dan hujan.

Selain pancaroba, cuaca ekstrim sering dihadapi para jamaah haji dan umroh. Suhu di Arab Saudi yang sangat panas membuat kita harus menyiapkan ‘senjata’ ekstra agar kesehatan badan dan kulit kita tetap terjaga.

Advertisement

Nah, berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan badan dan kulit agar tetap ‘ok’ di cuaca ekstrim:

1. Gunakan masker

Gunakan masker wajah sekali pakai untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Masker juga berfungsi melindungi diri dari debu. Saat naik kendaraan umum, pastikan selalu menggunakan masker. Ketika sedang menunaikan umroh, masker menjadi ‘senjata’ wajib yang harus dibawa dan dipakai.

Advertisement

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat

Agar kelembaban kulit tetap terjaga, pergunakan hand and body lotion, terutama di siang hari.

Selalu gunakan produk sunblock yang mengandung SPF agar wajah terlindung dari paparan sinar Ultraviolet. Pergunakan produk yang aman, halal, dan memiliki ijin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Sebagai salah satu pilihan, cobalah Wardah Sunscreen Gel SPF 30 yang mengandung ekstrak aloe vera ,mengandung 99% air dengan pH 4,5 sehingga sangat membantu untuk mencegah kulit kering.

Jika akan melaksanakan umroh, ada pilihan paket Hajj and Umroh dari Wardah Cosmetics, yang semuanya bebas alkohol. Paket ini terdiri dari :


  • Sunscreen Gel SPF 26 : Mengandung Pro Vitamin B5, ekstrak Aloe Vera dan Vitamin E untuk membantu menjaga kelembapan kulit serta sebagai antioksidan. Produk ini cocok untuk menjaga kulit dari paparan panas yang ekstrim di Arab Saudi.

  • Head to Toe Cleanser : Produk Pembersih multifungsi yang dapat digunakan sebagai sabun muka, badan dan shampoo. Produk “One for All” ini sangat praktis dan cocok digunakan di masa haji dan umroh,dimana kita tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kulit.

  • Deo Roll On Anti Perspirant : produk deodorant yang mengandung Triclosan dan Allantoin, dan tidak menimbulkan iritasi. Cocok untuk badan yang mudah berkeringat di tengah aktivitas ibadah fisik di masa haji dan umroh.

  • Moist Plus : produk petroleum jelly yang mengandung Mineral Oil dan Vit. E, sangat cocok untuk jamaah yang mengalami bibir pecah-pecah, maupun tumit pecah-pecah.

  • Relaxing Oil : produk yang Mengandung Menthol, Champora dan Essential Oil. Produk ini berguna untuk membantu mengurangi rasa gatal, mual dan pusing.

3. Konsumsi Suplemen Alami

Agar aman bagi badan dan kulit, pilih suplemen yang alami. Pilihlah madu untuk dikonsumsi di pagi hari. Madu tidak hanya baik untuk badan, tapi juga baik untuk kesehatan kulit. Ganti konsumsi kopi dengan teh hijau yang mengandung antioksidan alami. Jika sedang melaksanakan haji dan umroh, selain minum madu, cobalah rutin konsumsi buah kurma yang penuh dengan nutrisi.

Semoga tiga tips di atas bermanfaat untuk menjaga kesehatan badan dan kulit di masa cuaca ekstrem.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya