Strategi Audit Dalam Memaksimalkan Kinerja SDM di Masa COVID-19

Masa Pandemi membuat semua masyarakat melakukan karantina untuk mengurangi pencegahan penularan virus. Banyak yang merasakan dampak langsung dari gejala ini tidak terkecuali di bidang perekonomian seperti perusahaan-perusahaan. Banyak dari perusahaan menggunakan sistem workhome pada Sebagian karyawan dengan tujuan mengurangi resiko. Hal tersebut memang baik untuk peduli Kesehatan karyawan dan pengurangan interaksi dari berbagai manusia.

Advertisement

Dampak negatif yang dirasakan adalah penurunan daya kerja aktivitas karyawan terhadap kinerja perusahaan. Dengan adanya workhome otomatis akan terjadi penurunan aktivitas karena keberlangsungan kerja yang secara otomatis tidak langsung diawasi oleh bagian – bagian terkait. Selain itu dampak negatif berikutnya yaitu adanya sistem PHK secara paksa terhadap beberapa karyawan yang menyebabkan pengangguran SDM secara berlebihan. Hal ini menyebabkan perlu adanya audit manajemen SDM pada perusahaan baik karyawan internal maupun yang akan masuk eksternal.

Audit manajemen sendiri merupakan pengevaluasian terhadap aktivitas-aktivitas operasional perusahaan dengan target berupa penilaian apakah aktivitas perusahaan tersebut telah beroprasi dengan efektif, ekonomis, dan efisien. Pada fungsi SDM sendiri adalah untuk menjamin bahwa kinerja SDM di perusahaan telah dilaksanakan dengan baik penurunan aktivitas karena keberlangsungan kerja yang secara otomatis tidak langsung diawasi oleh bagian-bagian terkait Aktivitas fungsi SDM menerapkan program-program dengan dilakukan beberapa pendekatan diantara melalui ketaatan hukum, mengukur kesesuaian program dengan tujuan organisasi, serta mengukur kinerja perusahaan.

Kegiatan pengauditan sendiri seharusnya dilakukan dengan pertemuan  tatap muka langsung, adanya pandemi membuat hal itu terhalang. Maka strategi yang dilakukan auditor adalah melakukan pendekatan secara online dengan tetap memberikan bukti-bukti serta informasi SDM perusahaan sesuai kriteria E-audit.

Advertisement

E-Audit diberlakukan atas ketentuan dari pihak penyelenggara audit guna tetap mendukung proses pengauditan baik SDM atau yang lainnya dalam masa pandemi covid 19. Adanya penggunaan ini juga untuk mengikuti perkembangan dunia dengan memaksimalkan teknologi yang ada. Tidak jauh beda dengan pengauditan secara langsung, dalam E-Audit juga terdapat beberapa evaluasi data SDM karyawan mulai dari rekrutmen, penyeleksian karyawan, orientasi penempatan, penilaian kinerja karyawan, hingga pemutusan kerja. Evaluasi data tersebut dapat berupa pertanyaan disertai beberapa bukti bukti pendukung atau tatap muka online sehingga tetap mendukung hasil independen auditor.

Dari proses tersebut diharapkan memenuhi kualitas dan kuantitas SDM yang dinginkan perusahaan, serta terjadi peningkatkan aktivitas operasional SDM perusahaan di masa pandemi ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE