Dalam menjalankan suatu usaha, terdapat hal yang lebih penting daripada menciptakan suatu produk, hal itu adalah pemasaran produk dan jasa yang harus dilakukan dengan handal. Dapat dikatakan bahwa strategi pemasaran adalah kunci kesuksesan dari bisnis jasa ataupun bisnis barang.

Setelah pelaku bisnis berhasil memastikan bahwa produk jasanya mempunyai kualitas baik, barulah menciptakan strategi pemasaran yang efektif agar prosesnya dapat terkontrol. Selain itu, salah satu elemen penting lainnya dari suatu strategi pemasaran ialah segmentasi pasar yang akan dipilih untuk memasarkan atau memperkenalkan produk jasa Anda.

Advertisement

Berikut Strategi Pemasaran yang Dapat Meningkatkan Omset dari Perusahaan Jasa

1. Mengenali Pelanggan

Melakukan identifikasi pada target pasar Anda. Misalkan bila usaha Anda bergerak di bidang pemasaran baju-baju Korea, Anda dapat membidik pelanggan remaja yang identik dengan gila atau demam Korea. Jika usaha yang sedang Anda jalankan bergerak di bidang pemasaran sepatu misalkan wedges, maka bidiklah para wanita dengan kisaran umur 20 tahun sampai dengan 35 tahun. Identifikasi yang dilakukan secara tepat bisa mempermudah dalam menyusun strategi pemasaran yang efekti.

Advertisement

2. Lakukanlah Suatu Promosi Offline

Lakukanlah pengenalan produk jasa Anda kepada para calon konsumen ataupun konsumen dengan cara sekreatif mungkin. Usahakan agar Anda ketika melakukan promosi dilakukan secara terus menerus dan konsisten. Contohnya, setiap Anda pergi bawalah selalu brosur yang berisi produk jasa Anda lalu bagikan kepada calon konsumen. Dapat juga melakukan promosi dari mulut ke mulut, yang konon kabarnya cara promosi ini adalah yang paling efektif agar produk bisnis dikenal banyak orang.

3. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Hal terpenting lainnya dalam pemilihan strategi pemasaran untuk produk jasa adalah dengan memilih lokasi yang tepat. Anda dapat mencontoh toko-toko seperti minimarket yang didirikan di pinggir jalan yang banyak dilalui oleh orang-orang. Pemilihan lokasi yang tepat tersebut adalah salah satu strategi pemasaran untuk dapat menjaring banyak konsumen. Maka dari itu, wajib bagi pelaku bisnis untuk mendirikan lokasi usaha yang tepat dan strategis agar tempat usaha mudah dijangkau oleh para konsumen.

4. Menggunakan Internet Marketing

Menggunakan internet merupakan suatu promosi pemasaran yang saat ini sedang banyak digunakan. Dengan cara menampilkan produk jasa Anda di jejaring sosial, maka Anda bisa tau apa yang konsumen butuhkan dan bagaimana selera para konsumennya. Para konsumen saat ini lebih banyak yang menginginkan berbelanja tanpa perlu keluar rumah.

Internet terbuka lebar bagi pelaku bisnis untuk berinovasi. Anda bisa menampilkan produknya di blog, website, Instagram, dan lain sebagainya. Cara yang paling efisien dan efektif dengan hasil yang maksimal adalah dengan mencari agensi yang profesional untuk menganalisa bisnis atau produk Anda, memetakan strateginya, memberikan gambaran biaya untuk mencapainya dan mengeksekusi dengan target yang diharapkan. Anda dapat mencari perbandingan untuk menemukan agensi yang tepat

5. Jalinlah Hubungan yang Baik dengan Para Konsumen

Konsumen itu adalah raja. Jadi jalinlah hubungan baik dengan para konsumen. Hubungilah mereka walapun hanya sekedar untuk menanyakan testimoni dari produk jasa Anda, ataupun untuk menginformasikan jika ada produk baru yang keluar, bisa juga memberitahukan promo yang sedang berlangsung. Anda membutuhkan konsumen dan konsumen membutuhkan produk jasa Anda. Maka dari itu, terapkanlah hukum simbiosis mutualisme dalam kegiatan berbisnis.

Memang benar adanya bahwa strategi pemasaran efektif untuk dapat meningkatkan omset perusahaan jasa yang saat ini sedang naik daun adalah pemasaran dengan menggunakan media sosial yang dapat berupa Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Telah terbukti banyak pelaku bisnis jasa ataupun barang yang omsetnya naik ketika sukses menggunakan pemasaran lewat media sosial ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya