Ini Lho Bahaya Menggunakan Make Up Palsu, Yakin Make Up yang Kamu Punya Benar-Benar Asli?

Sudah Yakin Belum Makeup yang Kamu Punya Asli?

Pada era yang modern ini, sudah tidak dipungkiri lagi bahwa perempuan-perempuan jaman sekarang akan lebih percaya diri jika mereka memakai makeup agar wajah mereka terlihat lebih segar dan menarik. Mereka bahkan rela untuk membeli makeup dan peralatannya yang harganya sudah mencapai jutaan. Tetapi jaman sekarang, banyak perempuan-perempuan yang tertipu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Sudah banyak oknum yang menjual makeup palsu yang harganya sangat berbeda dengan produk aslinya. Banyak orang yang belum terlalu waspada dengan makeup palsu ini. Padahal banyak sekali akibat buruk jika kita memakai makeup palsu .Dr Anjali Mahto, konsultan dermatologis dan juru bicara British Skin Foundation, mengatakan: "Riasan palsu dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius karena penggunaan bahan-bahan berbahaya atau ilegal”.

Advertisement

 

Makeup palsu juga menjadi berbahaya karena mereka tidak melakukan uji coba terlebih dahulu pada kulit manusia. Mereka hanya mencampur-campurkan bahan kimia yang berbahaya untuk kulit manusia. Selain itu, baru-baru ini dikabarkan bahwa ada bahan yang menjijikan pada makeup palsu, yaitu ada air seni kuda .Penyelidikan terhadap makeup palsu oleh FBI mengungkap beberapa hal yang cukup mengejutkan dan serius. Ditemukan bahwa produk-produk yang mengklaim berasal dari merek-merek kecantikan besar seperti Kylie Cosmetics, NARS, MAC, dan Anastasia Beverly Hills mengandung sejumlah bakteri yang mengkhawatirkan dan kotoran, bahkan air seni kuda.

 

Advertisement

Pada tahun 2015 lalu, versi palsu dari merk kosmetik MAC dan Urban Decay  telah ditemukan dengan kadar merkuri, timah, bahkan sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu ditemukan juga kandungan alais arsenic yang mengakibatkan sakit perut dan rasa sakit seperti tersetrum listrik yang bisa menyebabkan kematian kalau dipakai terus menerus. Makeup palsu juga bisa membuat muka kita menjadi iritasi dan jerawatan. Jika muka kita sudah terkena iritasi pasti kita akan menghabiskan uang yang lebih banyak untuk perawatan daripada saat kita mengeluarkan uang untuk membeli makeup tersebut.

 

Salah satu produk makeup yang sering dipalsukan adalah eyeshadow. Jika kita membeli eyeshadow yang palsu. Hal itu bisa membuat mata kita terkena infeksi karena kandungan-kandungannya yang berbahaya dan tidak jelas. Daily Mail memberikan laporan tentang seorang wanita, Katie Brown, yang membeli eyeshadow palsu. Beberapa menit setelah mengaplikasikan eyeshadow tersebut, kelopak matanya membengkak dan pandangannya menjadi buram.

 

Makeup palsu bisa mengakibatkan luka bakar pada muka.Beberapa makeup palsu mengandung erkuri, timah, cyanide, racun, dan sederet bahan-bahan bahaya lainnya.Bahan-bahan tersebut bisa mengakibatkan luka bakar dan membuat kulit kita sensitif setelahnya.Salah satu korbannya adalah Louise Emery yang berasal dari Amerika, ia pernah membeli produk MAC versi palsu. Lalu setelah beberapa menit ia mengaplikasikan produk itu ke wajahnya, ia merasakan wajahnya memanas dan muncul kemerahan yang seperti luka bakar. Karena hal ini, ia harus pergi ke dokter dan menghabiskan uang yang cukup banyak. Setelah ia sembuh, wajah dia pun menjadi sangat sensitif.

                                                                                                                

Sebagai perempuan, kita harus bisa membedakan mana produk yang asli mana yang bukan. Caranya adalah, kita bisa melihat tersebut dari kemasannya dan sebisa mungkin saat kita membeli makeup kita harus membeli ditempat yang terpercaya. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa produk itu sudah terdaftar di BPOM. Cara yang paling ampuh adalah melihat dari harga produk tersebut. Hampir semua produk palsu mempunyai harga yang relatif lebih murah.

 

Najmin Khairani

Penulis adalah mahasiswa Semester 1 Program Studi Hubungan Masyarakat Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE