“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca Hipwee. Isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Pontianak, satu kata yang mendeskripsikan banyak rasa. Wisata kuliner di Pontianak memang tidak perlu diragukan lagi. Mulai dari minuman, makanan berat, yang asin, manis ataupun pedas, kuliner Pontianak tidak pernah mengecewakan. Begitu pula dengan budaya minum kopi di Pontianak, juga sudah sangat populer. Salah satu warung kopi favorit adalah Warung kopi Suka Hati di Pontianak.

Advertisement

Letaknya berada di pecinan tua Jalan Tanjung Pura, tidak jauh dari pusat Kota Pontianak yaitu Taman Alun Kapuas dan Pasar Tengah. Warung kopi ini sudah berdiri sejak tahun 1940, dan kini usianya sudah 79 tahun.

Toko di sekitar warung Suka Hati bentuk dan model bangunannya rata rata hampir sama. Jadi, jika kalian ingin berkunjung ke warung kopi Suka Hati pastikan teliti untuk menulusuri letaknya.

Untuk ruangannya sendiri hanya berukuran lebar 3 meter dan panjang 8 meter. Dan fasilitas mejanya hanya ada 11, bisa untuk menampung sekitar 25 orang. Meskipun begitu warung kopi Suka Hati tidak pernah merenovasi tempat mereka, hanya beberapa perabotan saja yang diganti. Dengan bentuk bangunannya yang masih sangat kental dengan tahun 40-an, sehingga menjadi ciri khas warung kopi Suka Hati

Advertisement

Warung kopi ini menjadi favorit karena rasa kopinya yang murni alias tidak dicampur apa apa. Kopi yang diproduksi sendiri diracik, kemudian diseduh lalu disaring agar tidak meninggalkan ampas di dalamnya.

Tidak hanya itu warung kopi Suka Hati juga menyediakan kopi susu. Kopi di warung Suka Hati di siapkan di dalam cangkir, dan diberi sendok bebek atau sendok yang berbentuk seperti paruh bebek dan pendek bentuk gagangnya.

Selain kopi ada juga selai srikaya, selai ini adalah selai homemade alias produksi sendiri. Terbuat dari telur bebek dan gula. Selai ini kemudian di oleskan ke pisang goreng, roti, dan juga keladi goreng. Untuk bahan pisang goreng sendiri yang dipilih adalah pisang nipah. 

Pisang nipah ini di balut dengan tepung, kemudian digoreng. Lalu dioles dengan selai srikaya yang manisnya pas, cukup memanjakan lidah para pelanggan yang hadir. Ukuran Pisang gorengnya yang cukup besar, bisa untuk 2 orang. Begitu pula dengan roti nya yang lembut dan juga keladi.

Warung kopi Suka Hati juga menyediakan jajanan jajanan tradisional lainnya, yang disuguhkan di depan tempat peracik kopi. Mereka juga menjual selai srikaya yang dikemas dalam bentuk cup bulat, dengan bervariasi ukuran dan harga.  Cukup dengan harga Rp.5000–Rp.10000 saja kita dapat menikmati kopi dan jajanan jajanan dengan selai srikaya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya