Kulon Progo merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga mempunyai keindahan alam dan mempunyai banyak objek wisata untuk para wisatawan. Dengan mengusung Tema Wisata “Kulon Progo the Jewel of Java”, dunia pariwisata di kabupaten ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Berbagai postingan di media sosial yang memamerkan spot cantik  wisata alam di Kulon Progo semakin dilirik wisatawan, bahkan kuota pengunjung selalu membludak saat musim liburan. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas salah satu objek wisata yang ada di Kulon Progo, yaitu Air Terjun Kembang Soka.

Advertisement

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun terindah di Kulon Progo. Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa air terjun Kembang Soka memiliki dua warna air. Air Terjun Kembang Soka searah dengan lokasi wisata Sungai Mudal karena memang berada di desa yang sama. Bedanya, Kembang Soka berlokasi di area yang lebih rendah.

Letaknya yang setengah tersembunyi di balik rimbunan hutan membuatnya bagaikan surga yang menjelma, pemandangannya memuaskan mata, suara gemuruh airnya menenangkan jiwa. Meski sendirian, kita tidak merasakan sepi.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi air terjun kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam sekitar yang terlihat masih sangat alami, kita juga akan melewati beberapa jembatan bambu yang mengubungkan setiap bagian di kawasan Air Terjun Kembang Soka.

Advertisement

Sesampainya di lokasi kita akan melihat sebuah kolam yang cukup besar, kolam ini biasa digunakan wisatawan untuk mandi, ketika musim kemarau air kolam akan sangat keruh karena air yang mengalir hanya sedikit saja, dan ketika musim hujan akan sangat jernih karena air yang mengalir deras membuat kolam air terisi penuh dan bening.

Kita juga bisa menikmati air terjun sambil menikmati hangatnya kopi dan gorengan disini, karena warungnya  yang sangat dekat dengan kolam air. Pada salah satu bagian dari lokasi wisata ini juga terdapat beberapa jembatan bambu yang memungkinkan wisatawan dapat lebih mendekat ke area sungai.

Jembatan ini juga sekaligus membantu mempermudah wisatawan menikmati pemandangan sekitarnya, menjelajah lokasi yang sulit dijangkau pejalan kaki, selain itu, lokasi jembatan bambu ini cukup indah untuk lokasi berfoto.

Namun, untuk bisa ke tempat pemandian, kamu harus mulai berjalan kaki. Tiket masuk Air Terjun Kembangsoka dibanderol sebesar Rp 10.000 dan untuk harga parkir roda dua  Rp 2.000, untuk kendaraan roda empat Rp 5.000.

Nah itu tadi ulasan saya mengenai objek wisata air terjun Kembang Soka di kabupaten Kulon Progo. Jangan lupa ajak keluarga atau teman-teman kamu berkunjung ke Air Terjun Kembang Soka agar lebih asyik menikmati keindahan alamnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya