Pesona Tanah Lot, Daya Tarik Wisata dari Pulau Dewata

Pesona Tanah Lot, Salah Satu Destinasi Wisata Pulau Bali

Bali, seberapa jauh Anda mengeksplorasi daerah ini? Sudahkah hadir ke pura yang terletak di lepas pantainya? Sebab belum lengkap ke Bali tanpa menjejakkan telapak kaki ke Tanah Lot Tabanan Bali. Sebagai rumah bagi wisata-wisata indah dengan aksen religius dan natural di Indonesia, wisatawan domestik hingga mancanegara selalu menargetkan Bali menjadi lokasi berlibur maupun berbulan madu bagi mereka yang merindukan keindahan alam yang begitu mempesona. Dari ratusan hal menarik yang Bali punya, Tanah Lot memang menjadi salah satu ikon wisata yang penuh daya tarik dari pulau yang akrab dengan sebutan Pulau Dewata tersebut.

Advertisement

Tanah Lot merupakan pura yang memiliki posisi penting dihati masyarakat Hindu Bali. Lokasi pura tersebut terletak pada batu besar yang berada pada lepas pantai, sehingga hal tersebut menambah daya tarik dari Tanah Lot sebagai objek wisata yang kian ramai dikunjungi para wisatawan. Mulai dari berjalan-jalan santai, menikmati alunan musik tradisional, mengagumi kebudayaan warga setempat, mencuci mata dengan barang-barang khas kerajinan Bali sampai takjub dengan sunset di Tanah Lot merupakan aktivitas sederhana namun menyenangkan bagi para pendatang.

Pura pada Tanah Lot dibangun pada dua lokasi yang berbeda. Satu pura terdapat pada bongkahan batu besar, dan pura lainnya terletak diatas tebing yang menjorok kearah laut. Tebing tersebutlah yang menghubungkan pura dengan daratan melalui bentuknya yang melengkung bagaikan jembatan. Pura ini menjadi tempat pemujaan bagi para dewa penjaga laut. Ketika air laut pasang, pura akan terlihat menakjubkan bagai berada diatas lautan. Dibawah pura terdapat goa kecil yang didalamnya  hidup beberapa ular laut. Sedangkan ketika air laut surut, kita bisa berjalan untuk mendekati lokasi pura tersebut.            

Sepanjang jalan menuju Tanah Lot telah dilengkapi dengan berbagai jenis penginapan, mulai dari yang sederhana hingga villa dan hotel bintang lima. Berbagai toko menjual barang kerajinan khas Bali juga mudah ditemukan dengan harga yang relatif murah untuk barang-barang unik dari tempat wisata. Tak jarang pada malam hari digelar berbagai acara menarik seperti penampilan tari Kecak, sunset dinner, hingga pesta pernikahan meriah yang mampu memanjakan mata para pengunjung. Karena keindahan tempat wisata inilah, maka tak jarang Tanah Lot juga dipilih menjadi lokasi foto pra-wedding bagi para pasangan.            

Advertisement

Selain menyajikan tempat yang mengasyikan, tanah lot ini juga memiliki suguhan sunset yang sangat menawan. Saat matahari mulai tenggelam dan air laut mulai surut, pengunjung akan disuguhkan pemandangan sunset yang indah dan nampak jelas betapa gagahnya pura yang berada di atas tebing yang menjorok di atas laut.            

Biaya tiket masuk untuk bisa menikmati sajian alam dan kebudayaaan di Tanah Lot juga dikategorikan cukup terjangkau. Dengan harga Rp15.000-Rp20.000 per kepala, kita sudah bisa memasuki kawasan Tanah Lot yang telah menjadi objek wisata mendunia dari Bali tersebut. Kawasan Tanah Lot yang berada di lepas pantai, menambah kesan akrab dengan hal-hal berbau kenaturalan, sebab deburan ombak pada batu karang terdengar begitu menenangkan bagi kita yang merindukan kelestarian alam.            

Tanah Lot adalah pilihan tepat bagi kita yang hendak berlibur dan berwisata dalam rangka menikmati megahnya budaya Indonesia dan indahnya kekayaaan alam negeri. Arsitektur bangunan pura Tanah Lot juga merupakan sebuah mahakarya dari seni yang begitu menakjubkan pandangan bagi kita yang melihatnya. Maka meluangkan waktu dan menjadikan Tanah Lot sebagai daftar lokasi wisata yang hendak kita jumpai dimasa depan, merupakan rekomendasi bagi kalian yang hendak menginjakkan kaki ke pulau Bali. Indahnya sunset Tanah Lot menjadi romantisme yang wajib kalian nikmati.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE