Tak Selalu Mulus, Beberapa Tantangan Ini Pasti Ada Saat Belajar Bahasa Inggris

Sebab, belajar bahasa butuh proses panjang.

Belajar bahasa asing memang selalu sulit. Apapun bahasa yang ingin dikuasai, kamu perlu menyiapkan hati yang besar sebab perjalanannya tak melulu mulus. Salah satu bahasa yang harus dikuasai di jaman serba canggih seperti sekarang ini adalah bahasa Inggris. Sayangnya, belajar bahasa Inggris adalah kesulitan sendiri untuk banyak orang.

Advertisement

Sekarang, bahkan banyak sekolah yang mengharuskan muridnya untuk menggunakan bahasa Inggris selain bahasa ibu atau bahasa Indonesia, biasanya dikenal dengan English as Second Language (ESL). Beberapa perusahaan besar berskala internasional juga pasti membutuhkan individu-individu yang mahir dalam bahasa Inggris. Sebab, bahasa adalah bagian paling penting dari komunikasi, maka individu-individu yang mahir berbahasa Inggris menjadi orang-orang yang paling dicari di dunia bisnis.

Belajar bahasa Inggris tentu memiliki banyak tantangan, terutama bagi orang Indonesia seperti kita. Hidup di negara yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu membuat kita harus lebih dalam lagi belajar bahasa Inggris. Bahkan, ada lebih banyak tantangan yang harus kita hadapi.

Tantangan pertama yang selalu kita hadapi adalah terbatasnya waktu belajar. Bagi pekerja kantoran atau bahkan pelajar, waktu belajar bahasa Inggris bisa menjadi masalah sendiri. Padahal, belajar bahasa Inggris membutuhkan waktu yang cukup panjang. Kamu bisa menyiasatinya dengan menyisihkan waktu selama 15-30 menit  setiap harinya untuk mempelajari kosakata baru.

Advertisement

Hal lain yang menjadi tantangan kita adalah kurangnya kepercayaan diri. Belajar adalah sebuah proses, ini yang sering dilupa oleh banyak orang. Belajar membutuhkan proses, kamu tidak bisa mahir dalam satu bahasa dalam waktu singkat. Jangan ragu dan malu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Cobalah berbicara menggunakan bahasa Inggris dengan orang tua, teman atau orang-orang terdekat kamu. Kepercayaan diri kamu sangat dibutuhkan saat kamu mempelajari bahasa Inggris.

Hal terakhir dan mungkin juga menjadi tantangan paling berat bagi banyak orang dalam belajar bahasa Inggris adalah grammar! Dalam bahasa Indonesia, kita mungkin sering melupakan grammar, namun dalam bahasa Inggris, kamu harus bisa mengerti dan menggunakan grammar dengan baik. Ada banyak grammar dalam bahasa Inggris yang harus kamu kuasai.

Advertisement

Banyak orang melakukan berbagai cara untuk menguasai bahasa Inggris, mulai dari belajar secara otodidak, pergi ke lembaga resmi atau juga pergi ke berbagai negara. Semuanya dilakukan demi mengasah kemampuan bahasa Inggris menjadi lebih baik. Salah satu negara yang sering diminati banyak orang demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya adalah Filipina, khususnya Cebu.

Di sana, ada pengajar yang kompeten dan mampu mengajar bahasa Inggris dengan sangat baik. Bahkan, di beberapa tujuan wisata di Filipina ada banyak sekolah yang menggunakan sistem ESL (English as a Second Language). Kamu tak perlu khawatir bahwa sistem di sana hanya belajar, belajar dan belajar. Sebab, jika ada waktu kosong, kamu bisa mengunjungi berbagai atraksi dan menikmati berbagai kegiatan menyenangkan sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu di lingkungan berbahasa Inggris.

Ada banyak program yang bisa kamu dapatkan di Filipina, seperti ESL, Bahasa Inggris Dasar/Tingkat Lanjut/Menengah/Intensif, Business English, Academic English, Bahasa Inggris untuk Tujuan Spesifik (ESP) dan ujian seperti CELTA, TESOL, TOEIC, IELTS.

Beberapa kota yang ada di Filipina yang bisa kamu pilih untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris  kamu adalah Baguio, Clark, Subic, Manila Iloilo, Bacolod, Cebu dan Davao. Sudah berniat terbang ke Filipina demi belajar bahasa Inggris? Kalau iya, maka kamu perlu tahu maskapai penerbangan yang tepat agar perjalanan kamu nyaman.

Salah satu dari 2 maskapai Filipina yang jadi pilihan anak muda adalah Cebu Pacific Air karena menawarkan tiket yang ramah di kantung dan menu makanan khas Filipina. Selain itu, maskapai dengan logo kepala burung elang ini menawarkan penerbangan harian dari Jakarta ke Manila dan kota tujuan belajar bahasa Inggris lain di Filipina seperti Bacolod, Cebu, Clark, Davao, Iloilo, dan Subic. 

Kalau kamu sudah mulai tertarik namun belum dapat informasi yang jelas, jangan khawatir! Kamu bisa intip website www.wisatafilipina.com/ESL atau www.cebupacificair.com

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE