Bagaimana Teamwork Membentuk Relasi Sosial yang Baik? Yuk Disimak!

Belajar teamwork untuk pribadi hebat!

Manusia, makhluk yang diciptakan oleh sang Pencipta dengan kesempurnaan akal yang dimilikinya sehingga mampu berpikir dan mengendalikan diri dengan baik. Dengan kesempurnaan akalnya, manusia mengatahui bagaimana langkah yang tepat untuk mempertahankan hidup.

Advertisement

Meskipun manusia mampu berpikir secara mandiri atau hidup berkecukupan namun semua langkah yang dipilih oleh manusia tidak lepas dari dukungan ataupun bantuan orang lain dan manusia akan berada dalam lingkaran relasi sosial di mana didalamnya akan banyak ikatan dari setiap individu yang terus berikatan sehingga mampu mencapai satu tujuan yang dicita-citakan.

Berbagai ikatan yang terus berikatan dalam relasi sosial dapat disebut teamwork, relasi sosial di organisasi atau perusahaan sudah sewajarnya harus ada teamwork ini merupakan sarana yang baik untuk menggabungkan berbagai kemampuan dan pengetahuan dari setiap individu yang saling bergantung pada tugas dan bersama-sama bertanggungjawab atas hasil yang diperoleh.

Teamwork adalah kemampuan individu untuk melakukan kerjasama dengan baik yang saling berhubungan satu sama lain dan giat bekerja, yang di dalamnya mengandung unsur kepercayaan, kejujuran, saling percaya, mendukung, serta bertanggungjawab dalam menjalankan tugas-tugas untuk mencapai tujuan bersama.

Advertisement

Teamwork dapat terwujud dengan baik ketika individu-individu saling berikatan dengan sehat untuk mencapai tujuan bersama, ketika tujuan tercapai artinya tercapai juga keuntungan bersama. Harus diperhatikan bahwa dalam teamwork terdapat dimensi penting; anggota kelompok, peran, tugas dan tujuan.

Sewajarnya berkehidupan sosial bahwa individu satu akan ada gesekan-gesekan tipis dengan individu lain, begitu halnya dalam teamwork pasti setiap anggota akan ada gesekan pula maka dari itu perlu adanya kekuatan solid antar anggota tim guna merealisasikan tujuan bersama.

Advertisement

Perlu diketahui bahwa ciri-ciri daripada tim yang efektif; memiliki tujuan yang sama, anggota tim berantusias tinggi, peran dan tanggung jawab jelas antara anggota dengan pemimpin, komunikasi yang baik, resolusi konflik, shared power, keahlian, dan evaluasi. Kerja tim memang sangat candu karena akan menghasilkan suatu gagasan-gagasan yang menarik dari setiap individu sehingga terbentuklah energi positif dari setiap individu, teamwork merupakan salah satu penerapan dari makhluk sosial sehingga manjadi alat kontrol manusia dalam menghormati,  menghargai orang lain dan bertindak kooperatif.

Tidak kalah manfaat, bahwa dalam teamwork cukup banyak hal-hal berharga yang didapatkan; (eye contact) dapat menimbulkan energi kerjasama karena ada kedekakatan antar anggota, (smile) dapat mencairkan suasana sehingga menumbukan mood baik pada setiap anggota, (hand shaking) dapat menunjukkan rasa rendah hati sehingga tidak ada rasa atas bawahan. Semoga kita bisa menjadi mahkluk sosial yang bermanfaat dari teamwork yang dijalankan.


Berbahagialah wahai individu yang memiliki teamwork skill karena tidak semua individu dapat bertahan dalam teamwork dan buktikan bahwa setiap gesekan yang ada dalam tim dapat diselesaikan melalui kerja sama. 


Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa yang sedang berusaha bangkit dari rebahan

CLOSE