Momen berbuka puasa adalah momen yang sangat dinanti-nanti di bulan yang penuh berkah ini. Yap! Momen pelepas dahaga dan penanggal lapar ini kerap di sebut sebagai momen puncak dari perjuangan menahan bunyi keroncongan dan kekeringan yang melanda tenggorokan selama sehari penuh tentunya, di momen ini sudah menjadi tradisi di masyarakat bahwa sesuatu yang spesial telah dipersiapkan beberapa jam sebelumnya untuk menyambut lantunan adzan maghrib yang berkumandang dari masjid terdekat.

Begitupun dengan tradisi di keluarga saya. Teh Kurma Manis Hangat, yang tidak pernah absen mengawali buka puasa saya, dan keluarga saya. Dengan segala sensasi manis dan hangat yang dipadukan dengan chit-chat antara saya-ayah-ibu dan semua saudara saya, menu ini tidak pernah membuat saya menemui kata-kata 'bosan' didalamnya.

Advertisement

'Berbukalah dengan yang manis' memang benar adanya. Selain menerapkan ajaran Rasulullah, berbuka dengan sesuatu yang manis sangatlah baik dalam segi kesehatan. Selama seharian penuh, tubuh manusia melakukan aktivitas sehari-hari dengan hanya mengandalkan sumber energi yang diperoleh saat mengkonsumsi makanan sahur.

Tentunya tubuh akan merasa letih, lemas serta tubuh kekurangan banyak cairan. Nah, momen berbuka puasa sangatlah penting untuk mengembalikan cairan serta energi yang diperlukan tubuh untuk beraktivitas. Dengan mengkonsumsi makanan yang manis, zat-zat yang diperlukan oleh tubuh selama seharian penuh akan diproduksi kembali, mengingat gula merupakan sumber energi terbesar dan paling cepat untuk diproses dalam tubuh, dengan catatan kadar disesuaikan dengan kebutuhan.

Teh Kurma Manis Hangat, sajian berbuka puasa yang nikmat dan sangat mudah untuk menyajikannya. Berikut saya bagikan tips dan trik untuk menyajikan menu spesial, Teh Kurma Manis Hangat

Advertisement

Pertama, anda perlu menyiapkan bahan bahan seperti:

1. Teh seduh. Anda bisa menggunakan berbagai jenis teh sesuai dengan selera anda. Di sini, saya menggunakan teh seduh merek lokal yang sudah saya konsumsi sejak saya masih kecil, karena kebiasaan dari orang tua untuk menggunakan merek teh ini.

2. Buah kurma. Untuk buah kurma sendiri, saya memilih kurma yang mmeiliki tekstur lembek, karena tekstur seperti ini yang mudah untuk dikonsumsi dan jika dipadukan dengan teh akan terasa lebih nikmat

3. Madu. Sangat dianjurkan untuk menggunakan madu yang dengan rasa original. Namun, kembali lagi kepada selera masing-masing orang.

4. Air panas secukupnya

Cara pembuatan:

1. Seduh bubuk teh dengan air panas hingga warna kecoklatan. Sangat penting dalam tahap ini untuk menciptakan perasaan kasih sayang terhadap keluarga dan cinta dalam setiap perubahan warna air. Mungkin terdengar klise, namun benar adanya bahwa cinta dari sang peracik teh ini sangat mempengaruhi rasa dari setiap tetes teh yang dibuat.

2. Pisahkan bubuk teh yang tercampur dengan air dengan proses penyaringan. Tidak lupa menambahkan banyak harapan untuk kebahagiaan dan kehangatan dalam keluarga di masa mendatang. Tanpa mengikut-sertakan bubuk-bubuk kebencian dan serpihan amarah didalamnya. Seperti halnya harapan untuk mendapatkan larutan teh yang jernih, harapan untuk bersama keluarga yang utuh, serta jauh dari konflik tercipta dalam proses ini.

3. Potong dadu kurma yang telah disiapkan, letakkan di cangkir penyajian. Kebersamaan bukan hanya tentang kehadiran setiap anggota keluarga di tempat yang sama. Namun juga semata-mata disertai dengan perasaan dan cinta yang menyatu pada setiap sudut ruangan yang mereka tinggali.

4. Teh Kurma Hangat bisa dinikmati dengan menuangkan teh ke cangkir yang telah berisi potongan kurma, dengan menambahkan beberapa sendok madu kedalamnya sebagai pemanis. Tidak lupa, ditambahkan cerita-cerita dan tawa penuh cinta dari setiap anggota keluarga untuk menambah kekayaan cita rasa. Kelak setiap cerita dan kenangan yang terkandung di dalamnya akan memberikan warna baru dan aroma baru dalam mengarungi bulan yang penuh keberkahan.

Teh Kurma Hangat bisa dihidangkan selama bulan ramadhan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya