Meski Sepele, tapi Sering-seringlah Mengucap Terima Kasih sebagai Bentuk Apresiasi kepada Diri Sendiri

terima kasih apresiasi diri

Seberapa berartinya ucapan "terima kasih" itu? Kadang ucapan tersebut hanya dimaknai sebagai ucapan terima kasih biasa, yang dilakukan dari seseorang kepada orang lain yang telah menolongnya. Namun, sadar gak sih kalau ucapan terima kasih itu bisa bermakna luar biasa. Bahkan bisa mempengaruhi mood (suasana hati) seseorang? Hingga membuat suasana hatimu sendiri bahagia.

Advertisement

Ucapan "terima kasih" mungkin terlihat sepele. Namun, kata-kata tersebut bisa membuat orang lain merasa dihargai lho. Apalagi jika kamu mengucapkannya pada seseorang yang sudah  berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Bukan hanya menilai tentang hasilnya ya, tapi proses seseorang dalam menyelesaikan tugas tersebut juga perlu dihargai. 

Dalam dunia kerja, ucapan terima kasih ini bisa dilakukan oleh atasan kepada karyawannya, ketika mereka selesai melakukan pekerjaan. Misalnya dengan berkata "Terima kasih atas kerja keras kalian hari ini, sampai bertemu besok". Kalau punya atasan yang gemar ngasih ucapan terima kasih seperti itu, tentu karyawan akan merasa kinerjanya dihargai setiap harinya. 

Ucapan terima kasih yang ditujukan atas dasar apresiasi terhadap kinerja seseorang seharusnya menjadi kebiasaan yang harus kita lakukan. Baik kepada karyawan, teman, rekan kerja, orang-orang di sekitar, maupun diri sendiri. Kata-kata sederhana tersebut bisa berdampak besar bagi kinerja seseorang. Misalnya, bisa membuat seseorang lebih semangat bekerja, tidak mudah menyerah, dan pastinya percaya diri dengan kemampuannya.

Advertisement

Tak hanya ditujukan untuk orang lain, kalimat "Terima kasih, kamu sudah melakukan segala sesuatunya dengan baik hari ini" juga perlu kamu ucapkan pada dirimu sendiri. Ucapan "terima kasih" pada diri sendiri merupakan salah satu bentuk apresiasi diri yang tak boleh dilupakan. 

Kamu mungkin pernah melakukan kesalahan, kamu mengalami kesulitan dalam hari-harimu, bahkan hampir menyerah. Namun, kamu masih bisa bertahan sampai saat ini. Masih berusaha menyelesaikan masalahmu satu persatu dengan baik.

Advertisement

Maka, kamu layak mendapatkan ucapan terima kasih dari dirimu sendiri. Ucapkan "Terima kasih, kamu sudah bertahan dengan baik hingga saat ini". Berikan kata-kata positif pada dirimu sendiri. Katakan pujianmu pada dirimu sendiri atas usaha yang sudah kamu lakukan. Hal ini bisa membuat suasana hatimu menjadi lebih baik. 

Kalau kamu bisa memperlakukan orang lain dengan baik, mengucapkan terima kasih padanya ketika membantumu, memuji kinerjanya, dan sebagainya. Maka kamu juga harus memperlakukan dirimu dengan baik. Nggak perlu menunggu orang lain untuk mengapresiasi kinerjamu hari ini, Kamu harus memulainya dengan mengucapkan terima kasih pada dirimu sendiri. 

Yuk, mulai mengucapkan Terima kasih, kamu sudah melakukan segala sesuatunya dengan baik hari ini" baik kepada dirimu sendiri maupun orang lain. Kamu bisa mengubah kalimat tersebut menjadi versimu sendiri. Marilah kita saling mengapresiasi satu sama lain.

Kalau misalnya temanmu di kantor jarang mendapatkan apresiasi dari atasannya atas kinerjanya , kamu sebagai rekan kerja atau teman layak memberikan apresiasi padanya. Namun, berikan apresisi yang jujur ya, jangan berlebihan. 

Terakhir, terima kasih sudah membaca tulisan ini. Semoga ada hal baik yang bisa kamu ambil dari tulisan ini. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang full-freelancer penulis artikel website. Introvert. Pecinta drama Korea. Punya cara balikin mood dengan minum kopi hangat.

Editor

une femme libre

CLOSE