Setiap manusia pasti pernah melewati masa-masa dimana dirinya merasa berada dititik paling rendah dalam hidupnya, di mana dirinya merasa tidak sanggup lagi untuk melanjutkan hidup, masa-masa di mana rasanya beban hidup tak sanggup lagi dipikul dan rasanya dunia sudah tidak berpihak lagi pada dirinya. Namun nyatanya, dia masih bernafas hingga saat ini.

Namun nyatanya, dia masih sanggup berkata bahwa dia sudah baik-baik saja. Seberat apapun masalah yang dihadapi, untuk sebagian orang, tidak ada pilihan lain selain melanjutkan hidup dan ikuti alurnya. Meskipun dalam proses melanjutkan hidup tersebut harus berjalan terseok-seok.

Advertisement


Hidup adalah tentang proses. Hidup adalah tentang memecahkan masalah yang datang silih berganti. Hidup adalah tentang tidak mudah menyerah.


Kamu tidak pernah sendirian dan tidak akan pernah. Setiap orang yang hidup didunia ini memiliki masalahnya masing-masing. Bukan hanya kamu sendiri yang rasanya memiliki beban hidup paling berat. Bukan hanya kamu sendiri yang merasa hidupnya penuh kesialan. Bukan hanya kamu sendiri yang merasa dunia ini tidak adil bagi kamu. Bukan hanya kamu sendiri yang merasa ingin segera mengakhiri semuanya. Kamu tidak pernah sendirian. Semua orang pernah merasakan perasaan yang sama. Namun, bagaimana cara mengatasinya adalah hal yang membuat kita semua berbeda. 

Apapun masalah yang sedang kamu hadapi hari ini, hadapilah dan lanjutkanlah hidup kamu. Karena suatu saat nanti pasti akan tiba waktu yang tidak pernah kamu duga-duga sebelumnya. Waktu dimana kamu berada disuatu titik yang tidak pernah kamu bayangkan kamu akan sampai disana. Diwaktu yang akan datang itu, kamu akan kagum akan dirimu sendiri. Diri kamu tidak akan menyangka bahwa akan melewati masa-masa yang kamu anggap berat dan kamu sekarang bisa berkata baik-baik saja.

Advertisement

Semua itu pasti akan terjadi jika kamu percaya akan terjadi. Lukamu akan sembuh. Kesedihanmu akan berganti kesenangan. Tangismu akan menjadi tawa. Masalahmu akan ada jalan keluarnya. Mungkin tidak sekarang. Mungkin akan membutuhkan waktu yang lama.

Tapi kamu harus percaya waktu itu akan datang. Yang harus kamu lakukan adalah kamu harus tetap melanjutkan hidup meskipun harus menyeret luka. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa kamu tidak pernah menghadapi masalah sendirian. Kita semua sedang berjuang dijalan masing-masing. Kamu hanya perlu bersyukur, sabar, dan tetap memiliki tekad untuk melanjutkan hidupmu.

Terima kasih sudah berjuang sejauh ini!

Mari lanjutkan perjuangan hidup ini bersama-sama!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya