Tidak Selamanya Mengeluh Selalu Buruk. Ada Kalanya Kita Perlu Mengeluarkan Keluh Saat Dunia sedang Tak Menentu

tidak selamanya mengeluh buruk

Dalam keadaan yang tidak menentu, sulit rasanya untuk tidak melontarkan kata lelah dan ingin rehat. Di tengah situasi yang tak pasti, hidup yang dirasa semakin berat dari hari ke hari, membuat rasa ingin mengeluh hadir dan seperti tak bisa dihindari. 

Advertisement

Banyak alasan yang memicu seseorang untuk berkeluh kesah, mulai dari cobaan yang didapatkan di bagian pekerjaan, hubungan dan masih banyak lainnya. Terlebih lagi jika permasalahan itu dirasakan datang bertubi-tubi, sehingga kita bingung dan tidak percaya diri untuk menghadapinya. 

Rasa ingin mengeluh sering kali dikesampingkan. Alasannya, karena kita tahu bahwa mungkin masih banyak di luar sana yang mungkin memiliki cobaan yang lebih berat. Namun, tidak selamanya mengeluh itu buruk, bahkan mengeluh dirasa perlu. Kadang mengeluh bisa dijadikan sebuah tanda bahwa kita ‘menyadari’ apa yang kita rasakan dan menghadapi ‘rasa’ tersebut. Entah itu rasa lelah atau yang lainnya.

Stigma mengeluh yang sering kali dikaitkan tidak bersyukur membuat itu menjadi sesuatu hal yang negatif. Memang benar, kita harus selalu bersyukur, tetapi bukan berarti kita tidak boleh mengeluh. Mengeluh sesekali ketika hidup terasa berat itu sangat wajar. Bukan berarti kita tidak bersyukur atau tidak melihat bahwa banyak orang di luar sana yang memiliki permasalahan yang lebih sulit, tapi hal tersebut menunjukan bahwa kita hanyalah manusia, yang bisa memiliki titik rendah dan perasaan ingin menyerah. Life can get hard sometimes.

Advertisement

Meskipun mengeluh itu boleh, bukan berarti perasaan tersebut bisa selalu dijadikan alasan untuk kita tidak maju dan belajar dari permasalahan yang dihadapi. Tumpahkan rasa keluh kesah, namun jangan lupa untuk bangkit seribu kali lebih kuat. Terlalu banyak mengeluh juga tidak baik, karena kamu bisa jadi tambah stres, capek sendiri dan juga menghambat potensi yang kamu miliki.

Jadi, mengeluh itu tidak papa kok! Itu merupakan proses yang wajar dalam menghadapi permasalahan hidup. Tapi jangan lupa untuk bangkit dan maju ke depan! Apapun yang kamu hadapi, this too shall pass.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

books and movies enthusiast

Editor

une femme libre

CLOSE