Ingin liburan akan tetapi bimbang mau kemana? Semua orang senang berlibur. Siapa yang tidak? Meluangkan sedikit waktu untuk jeda rutinitas kehidupan, baik dari mendaki gunung, hingga berbaring santai di pantai, atau menghabiskan waktu bersama keluarga berpetualang. Semua orang senang berlibur. Akan tetapi, banyak yang harus dipertimbangkan sebelum memilih destinasi untuk berlibur.


Kita semua ingin berlibur dengan tenang, tanpa harus memikirkan besok kemana, atau makan dimana, mencari tempat makan yang cocok dengan lidah kita maupun memikirkan transportasi. Berlibur yang ideal adalah dimana kita bisa bersantai, menikmati hari-hari istirahat tanpa harus memikirkan hal-hal seperti pekerjaan, sekolah atau masalah pribadi.


Advertisement

Indonesia memiliki banyak sekali tempat-tempat yang indahnya tak terbandingi, dan jika dihitung, jumlahnya bisa ribuan. Namun, memilih tempat yang cocok dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan adalah bagian tersulit. Memilih tempat untuk wisata dan berlibur tidak bisa dipilih dengan sembarang saja. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam perencanaan perjalanan pergi berlibur dan pemilihan destinasi, salah satunya memikirkan siapa yang ikut dalam perjalanan tersebut.

Jika bersama keluarga atau teman, jangan sampai adanya pertikaian atau membuat salah satu anggota tidak nyaman saat liburan bersama karena perbedaan pendapat. Maka dari itu, persetujuan dari semua anggota, menjadi salah satu tips penting dalam pemilihan destinasi berlibur. Dengan adanya permusyawarahan dalam semua anggota yang ikut berlibur akan membantu perjalanan liburan berjalan dengan lancar dan semua merasakan kepuasan.

Mendengarkan ide-ide dan pendapat anggota-anggota yang ikut berlibur, kita bisa dapat gambaran keinginan-keinginan dan memilih destinasi yang tepat untuk semuanya. Jika sendiri, memilih tempat bisa lebih gampang karena kita tahu suasana apa yang kita mau seperti mendaki gunung, berkemah di hutan, atau menetap disebuah resort di dekat pantai. Dalam pemilihan tempat destinasi, juga harus mempertimbangkan anggaran yang akan dikeluarkan untuk berlibur.

Advertisement


Jika ingin berlibur yang hemat dan tidak mahal, bisa memilih tempat destinasi yang dekat dengan Indonesia atau di Indonesia itu sendiri. Karena dengan memilih destinasi yang dekat, biaya transportasi tidak akan semahal jika berlibur ke tempat jauh.


Tidak itu saja, jika berlibur berbarengan dengan keluarga atau teman, harus mempersiapkan anggaran lebih karena orang yang bepergian bukan hanya satu orang. Tip lain juga untuk mempersiapkan anggaran cadangan untuk jaga-jaga. Ketika sudah menentukan anggaran, tip lain juga untuk menentukan jenis wisata yang diincar. Ada banyak jenis-jenis wisata seperti wisata alam, religi, kuliner, seni-budaya dan kesejarahan. Dengan memilih salah satu dari jenis-jenis tersebut, bisa membuat seleksi tempat destinasi berlibur jauh lebih mudah.

Seperti contohnya, jika ingin rileks dan istirahat bisa memilih jenis wisata alam dan ke tempat destinasi yang suasananya lebih tentram dan tenang seperti Bali, Maldives , atau Pulau Seribu. Jika ingin menyelidiki sejarah-sejarah, maka jenis wisatanya ialah wisata kesejarahan dan ke tempat-tempat yang memiliki banyak monumen sejarah dan peninggalan-peninggalan seperti, Jogja. Biasanya tempat seperti ini mengundang banyak turis.

Jika tip di atas sudah dilakukan namun tetap bimbang, bisa menggunakan agen-agen liburan yang biasanya bisa memberikan opsi-opsi tempat dan berlibur yang cocok dengan jenis wisata anda, anggaran anda, dan keinginan anda. Namun terkadang beberapa agensi ada yang sedikit mahal, karena kita membayar jasa mereka. Akan tetapi, jika anda tidak mau membayar lebih, ada juga aplikasi-aplikasi gratis yang bisa diunduh dalam telepon genggam seperti Android, IPhone, atau Samsung, yang menyediakan berbagai informasi mengenai tempat-tempat yang patut di kunjungi jika berlibur dan bisa diatur sesuai anggaran yang dipersiapkan.

Perencanaan berlibur tidak harus menjadi hal yang sulit, apalagi dalam memilih destinasi. Dengan tips-tips di atas, diyakini anda pasti dapat dengan mudah memilih tempat destinasi tanpa harus diambil pusing dan puas sesuai keinginan dan kebutuhan anda tanpa harus berfikir dua kali. Juga, dengan mengikuti tips-tips di atas terpercaya bisa memaksimalkan waktu liburan anda dengan efektif dan bermanfaat :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya