Saat Pikiran Terlampau Lelah dan Gagasan Macet, Mandi Sejenak adalah Pilihan yang Tepat

Tips menemukan ide

Ide adalah kunci emas untuk membuka harta karun. Harta karun tersebut bisa berupa karya, solusi masalah dan banyak hal lainnya. Dengan spontan kita menangkapnya dari banyak arah. Namun, seiring kesibukan yang kita miliki bertambah padat dan waktu berpikir untuk menangkap ide cemerlang berkurang,  kita dilanda stagnasi ide.

Advertisement


Bagaimana cara mengatasinya?

Cara ampuhnya showering, swimming, bathing.


Selain berfungsi meremajakan otak, studi psikolog kognitif Scott Kaufman menemukan 72 persen orang mengalami momen eureka mereka saat mandi. Eureka berasal dari bahasa Yunani yang artinya Aku Telah Menemukannya. Digagas pertama kali oleh Archimedes saat menemukan bahwa berat dalam Newton air yang tumpah sama dengan gaya yang diterima tubuhnya. Terbukti Warren Buffett menangkap ide investasi sebesar 5 miliar dolar di Bank Amerika ketika mandi. Dengan berdiri di tempat aman dan santai jauh dari kebisingan memungkinkan pikiran kita mengembara yang mendorong pemikiran kreatif dan lahirlah ide-ide baru.

Bukan hanya saat mandi, jalan-jalan, baca buku dan melakukan hal yang kita sukai membuat pikiran menjadi rileks dan dengan mudah ide-ide kreatif muncul. Scott Barry Kaufman menyimpulkan dalam berkreatifitas kita membutuhkan pikiran yang rileks.

Rutinitas juga waktu ampuh untuk mendapatkan ide. Sebuah penelitian menunjukkan seringkali ide-ide spontan muncul saat sedang memancing, olahraga, mandi. Sebab, rutinitas tersebut tidak banyak bersentuhan dengan otak. Sehingga pikiran kita bisa berkelana dan menangkap ide yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Advertisement


Apa yang terjadi di otak saat kita rileks?


Korteks akan bekerja lebih baik saat sedang bersantai. Korteks adalah bagian otak yang bertugas membuat keputusan, sikap dan tujuan. Saat sedang rileks korteks ini akan berkelana bebas, mengaktifkan jaringan seperti auto-pilot dan menon-aktifkan jaringan saraf sadar. Otak juga melepaskan senyawa kimia dopamine, yaitu zat yang berperan mengatur emosi dan memunculkan kreatifitas. Maka, otak akan teralihkan dari hal yang berat, menjadi lebih senang dan lahirlah ide-ide yang lebih kreatif.

Ide yang muncul saat sedang rileks biasanya berbeda dengan ide yang muncul saat sedang mengerjakan tugas. Karena saat mengerjakan tugas otak berpikir keras untuk menyelesaikan suatu masalah dan ide yang muncul tidak sekreatif ketika sedang rileks. Karena otak sangat fokus dalam mengerjakan sesuatu sehingga cenderung melahirkan ide yang biasa saja.

Itulah cara ampuh yang dapat mengatasi macet ide. Jika kalian sedang mengalami hal tersebut. Cobalah melakukan aktifitas yang menjadi rutinitas atau pergi ke kamar mandi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE