Hai Pelaku Bisnis Startup, Ini Dia Tips Sebelum Menyewa Kantor Virtual Office

Bagi Anda yang masih awam dengan "virtual office" pasti bingung apa maksudnya? Virtual office atau kantor virtual adalah ruang kerja yang memiliki koneksi internet di mana individu maupun startup yang belum ada base dapat menyelesaikan pekerjaan atau bisnisnya, baik itu bisnis profesional maupun bisnis pribadi yang tidak memiliki lokasi fisik atau alamat usaha.

Nah, dengan virtual office ini Anda yang memiliki bisnis startup namun belum memiliki base atau lokasi fisik bisnis, maka Anda dapat memanfaatkan virtual office ini sebagai tempat kerja sementara Anda.

Advertisement

Dulu konsep virtual office ini pernah dilarang oleh Pemprov DKI Jakarta, dilansir dari CNN Indonesia “Pada tanggal 2 November 2015, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan Surat Edaran No 41 Tahun 2015 yang nantinya akan melarang penggunaan virtual office atau VO.“

Itu dulu, sekarang virtual office sudah tidak lagi dilarang, semenjak kebijakan Jokowi dan dukungan pemerintah terhadap kemajuan UKM, startup dan para pengusaha muda serta Pemprov DKI Jakarta yang memperbolehkan para pelaku bisnis menggunakan alamat dari virtual office sebagai alamat tempat usaha mereka.

Otomatis hal tersebut membawa angin segar bagi para pengusaha yang belum kuat menyewa kantor maupun ruko untuk memulai mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik melalui virtual office tersebut.

Advertisement

Tidak hanya itu, karena konsep virtual office ini sudah dilegalkan oleh pemerintah maka bermunculan lah banyak kantor virtual office di Jakarta. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menyewa kantor virtual office, alangkah baiknya perhatikan beberap aspek dibawah ini :

Kenali dahulu konsep dari kantor virtual office yang Anda akan sewa

Sebagai pemilik usaha yang hendak menyewa kantor virtual office, maka mengenali konsep dari virtual office yang akan Anda sewa adalah hal yang penting. Pasalnya jika konsep virtual office yang Anda sewa tersebut berbeda dengan konsep perusahaan Anda, maka segala kegiatan operasional perusahaan Anda akan menjadi tidak efektif.

Pilih lokasi kantor virtual office yang strategis dan dikenal oleh masyarakat

Dengan Anda memilih virtual office yang lokasinya strategis dan dikenal oleh masyarakat, maka kantor Anda akan lebih mudah diakses oleh klien. Tentunya hal tersebut menjadikan perusahaan Anda memiliki nilai lebih di mata klien atau konsumen Anda.​

Ketahui fasilitas apa saja yang diberikan dari kantor virtual office yang Anda sewa

Tentunya Anda sebagai pelaku bisnis ingin mencari kantor virtual office yang memiliki kelengkapan atau peralatan lengkap bukan? Oleh karena itu mengetahui fasilitas apa saja yang diberikan oleh kantor virtual office adalah hal penting yang Anda harus ketahui.

Pastikan bahwa kantor virtual office yang Anda sewa menyediakan sarana dan prasarana yang mampu memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Itu dia tips untuk para pelaku bisnis sebelum memutuskan menyewa kantor virtual office. Tentunya Anda sebagai pemilik bisnis startup, UKM atau pengusaha pemula harus mengetahui tips diatas sebagai pedoman Anda sebelum menentukan untuk menyewa jasa kantor virtual office.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya