Di era digital seperti saat ini, gaya berkantor pun turut berubah. Tren ini cocok bagi Anda, yang ingin memiliki kantor dengan biaya lebih terjangkau. Anda bisa menyewa Virtual Office atau kantor virtual yang mulai menjadi tren. Ucapkan selamat tinggal pada rencana Anda, membuka kantor dengan biaya mahal dan administrasi yang rumit.


Mengenal Konsep Virtual Office

Kantor Virtual merupakan penamaan lain dari perkantoran maya yang ada di internet. Anda tidak perlu memiliki kantor dalam bentuk bangunan secara fisik, melainkan tinggal menyewa sebuah kantor virtual.

Advertisement

Kantor virtual ini akan menyediakan alamat virtual office yang representatif, beserta nomor telepon untuk bisnis Anda – sehingga Anda bisa menerima telepon, email, fax, dan penerimaan dokumen lainnya.

Dengan menggunakan virtual office ini, urusan kantor menjadi mudah karena bisa Anda lakukan secara online. Selain biaya lebih murah, operasionalnya lebih mudah dan jauh lebih efektif. Tidak heran tren ini mulai mendunia hingga di kota-kota besar di Indonesia. Di kota Jakarta sendiri, mulai banyak penyedia jasa layanan virtual office ini bermunculan.

Berikut ini tren virtual office yang perlu Anda ketahui. Barangkali usaha Anda bisa memanfaatkan jasa virtual office ini?

● Menyediakan ruangan untuk meeting lengkap dengan berbagai peralatan yang diperlukan. Oleh karenanya Anda tidak perlu mencantumkan alamat rumah sebagai alamat bisnis Anda.

● Kantor virtual juga dilengkapi dengan call center, resepsionis multi bahasa jarak jauh, asisten virtual, serta database tempat menyimpan berbagai dokumen terkait perusahaan Anda.

● Anda bisa menyewa ruang meeting riil, bila sewaktu-waktu menerima tamu yang disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal Anda

● Kantor virtual office bisa melancarkan kebutuhan bisnis Anda -dengan biaya yang terjangkau- mulai dari membuka bisnis hingga perusahaan berdiri.

Nah, itulah beberapa tren virtual office Jakarta yang bisa menambah image perusahaan Anda- lebih bonafit di mata klien tentunya. Lalu kepada siapa pengguna virtual office ini ditujukan?

Pengguna Virtual Office

Untuk memulai bisnis memang membutuhkan modal yang cukup besar,- terutama jika harus menyewa kantor di ruko- terlebih di gedung perkantoran dengan lokasi strategis. Oleh karena itu virtual office sesuai bagi Anda yang sedang merintis usaha seperti Start-Up, perusahaan kecil dan menengah, serta bisnis yang dikerjakan dari rumah.

Banyak profesi dan usaha yang membutuhkan virtual office ini antara lain, home industri, akuntan, pengacara, penerjemah, konsultan bisnis, dokter atau terapis, toko online, agen real estate, dan masih banyak lagi. Mereka bisa membuka kantor representatif serta kegiatan bisnis lainnya bisa dikerjakan dari rumah secara remote

Pemilihan Virtual Office

Penggunaan virtual office di Jakarta tentu bisa sangat membantu, tidak saja kantor fisik membutuhkan biaya pemeliharaan dan operasional yang tinggi, namun juga karena jalanan yang macet. Namun sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan virtual office Jakarta, tentu ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

Tagihan Pemakaian

Meski harga sewa kantor virtual tidak semahal kantor fisik, namun bila tagihan Anda dilakukan setiap kali pemakaian kantor, tentu pada akhirnya biayanya jatuhnya sama besar. Jadi coba buat perbandingan beberapa paket dari setiap penyedia kantor virtual terlebih dahulu.

Fasilitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kantor virtual menyediakan berbagai fasilitas lengkap mulai resepsionis hingga mail forwarding. Jadi lebih baik Anda menyewa virtual office dengan fasilitas yang sesuai kebutuhan pekerjaan Anda.

Akses Kantor Virtual

Anda perlu mempertimbangkan jika akses kantor virtual ini bisa selama 24 jam sehari, atau hanya pada jam kantor saja seperti kantor konvensional?

Biaya Ekstra

Pastikan sejak awal, bahwa Anda tidak akan terkena biaya ekstra lagi untuk hal-hal kecil seperti mengirim fax, fotokopi, dan hidden cost lain.

Kualitas

Anda harus memilih kantor virtual office Jakarta, yang fasilitasnya benar-benar berkualitas, seperti resepsionis dan asisten virtual. Fasilitas ini bisa memengaruhi kredibilitas Anda di mata klien. Memang banyak penyedia kantor virtual, namun bukan berarti memiliki kualitas yang sama, bukan?

Demikianlah, semoga artikel ini dapat membantu bisnis Anda terus tumbuh dan berkembang.