Tren Bahasa Gaul pada Kolom Komentar di Instagram, Bentuk Kreativitas dan Ekspresi Anak Muda

Bahasa gaul merupakan sejumlah kata atau istilah yang memilki arti yang khusus, unik dan menyimpang bertentangan dengan arti lazim ketika digunakan oleh kalangan remaja masa kini. Bahasa gaul itu sendiri sudah lama ditemukan, pada awalnya bahasa gaul hanya modifikasi dari bahasa Indonesia yang memiliki makna asli dari bahasa Indonesia itu sendiri, bahasa gaul juga awalnya hanya dipakai beberapa kelompok tertentu, tujuannya hanya ingin mengetahui maknanya saja. Seiring berjalannya waktu, dengan kemajuan teknologi komunikasi menyebabkan bahasa gaul berkembang pesat di kalangan remaja.

Advertisement

Kebanyakan orang yang menganggap bahasa gaul ini sebagai sebuah hal yang alay, dan juga beberapa orang yang beranggapan bahwa bahasa gaul ini lucu dan kocak. Padahal tanpa adanya bahasa gaul di kolom komentar instagram tersebut hanyalah sebuah media sosial biasa, namun jika adanya bahasa gaul di kolom komentar itu pasti kalangan remaja akan mengikuti dan meramaikan tren tersebut secara tidak langsung.

Hal ini didukung dengan munculnya jejaring media sosial salah satunya instagram yang digunakan oleh kalangan remaja masa kini. Semisal saja  pada kolom komentar instagram yang sering kita temui Wagelaseh artinya wah gila sih digunakan untuk mengungkapkan suatu yang luar biasa atau keren, bisa juga kalimat Wagelaseh manggungnya pecah bangett!!

Advertisement

Kalimat di atas ini menandakan bahwa bahasa gaul tersebut sering muncul pada kolom komentar instagram. Bahsa gaul sudah menjadi bagian yang dijumpai di instagram. Karena itu berasal dari kreatif kalangan remaja dalam membuat sebuah tren, sebab sudah pasti kalangan remaja akan meramaikan kolom komentar dengan bahasa gaul tersebut.

Kini seiring dengan perkembangan zaman, makna yang terdapat pada kalimat itu dapat diartikan sesuai dengan pemahaman dari kalangan remaja. Bahasa gaul tersebut akan tetap digunakan, karena bahasa tersebut digolongkan sebagai bahasa yang mudah digunakan dalam kalangan remaja. Jadi, keberadaan bahasa gaul memang sangat mengganggu eksistensi bahasa Indonesia. Namun di sisi lain kita tidak bisa mencegahnya apalagi dikalangan remaja karena perkembangan menuntut mereka agar diakui di masyarakat dan salah satunya dengan mengikuti tren bahasa gaul itu sendiri. Oleh karena itu perkembangan bahasa gaul tidak dapat dicegah tetapi dapat diminimalisir jika kita kembali meningkatkan eksistensi bahasa Indonesia itu sendiri.  Karena pada kalangan remaja saat ini sangat aktif dalam media sosial instagram bagi mereka dunia media sosial instagram sudah menjadi kewajiban sehari-hari mereka dalam mengisi waktu luang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE