Hidup Memang Seringkali Tak Mudah, namun Kita Bisa Mengubah Cara Pandang Kita agar Hidup Tetap Terasa Indah

Hidup bukanlah soal apa yang terjadi pada kita, tetapi soal bagaimana kita merespon hal yang terjadi pada kita~

Kalian pasti sering mendengar kalimat "Life is Hard". Tentu saja, tanpa sadar kita sering mengucapkannya untuk diri sendiri atau mungkin kita juga mendengarnya dari orang lain. Sejujurnya tidak ada orang yang bilang hidup itu mudah. Bahkan orang yang kita lihat hidupnya baik-baik saja sekalipun, jika ditanya akan mengatakan hal yang sama.

Advertisement

Lalu, kira-kira apa yang membedakan diri kita dengan mereka? life is choice, hidup itu tentang sebuah pilihan. Pilihan kita untuk menjalani hidup dengan cara seperti apa. Apakah kita akan memilih menjadi bagian dari orang-orang yang bersyukur dan menikmati hidup apapun keadaannya atau justru sebaliknya.


The most important thing is about how or what is our response to life


Dalam hidup ada banyak sekali masalah, tantangan, persoalan, ujian. Dan itu terjadi tidak hanya kepada orang dewasa tapi juga anak-anak. Penyelesaian yang didapatkan pun akan berbeda-beda tergantung dari respon apa yang kita berikan.

Advertisement


God uses all the problems and challenges of life for divine purpose


Respon yang positif akan memberikan hasil yang positif. Begitu pula sebaliknya, respon yang negatif akan menghasilkan sesuatu yang negatif juga. Seperti ketika kita akan mendaki sebuah gunung, jika kita berpikir atau merespon dengan positif maka kita akan berusaha melalui apapun hingga sampai di puncak. Karena kita meyakini ketika tiba di puncak kita akan mendapatkan hasil yang bagus (pemandangan) dan itu sebanding dengan perjalanan yang kita lalui. Berbeda ketika kita dipenuhi pikiran yang negatif, kita akan berfokus kepada kesulitan selama pendakian yang akan kita lalui. Kita akan lebih banyak berpikir tentang jarak yang harus ditempuh, track yang sulit, udara yang dingin dan hal buruk lainnya. Dan justru membuat kita enggan untuk mendaki.


I don't fix problems.

I fix my thinking, then problems fix themself


Begitu juga dengan cerita perjalanan hidup, ketika kita hanya memikirkan kesulitan-kesulitan yang ada maka kita jadi enggan untuk melangkah maju, dan kita tidak akan pernah tiba di tujuan. Sementara mereka yang berpikir positif, meyakini bahwa dibalik setiap kesulitan ada hadiah/reward besar yang akan mereka terima. Hidup memang sulit, tapi semuanya kembali kepada diri kita sendiri. Respon apa yang akan kita beri ketika kita dihadapkan dengan kesulitan, permasalahan, dan tantangan. Hasil yang kita dapatkan adalah hasil dari respon dan pilihan yang kita ambil untuk menghadapinya.


God i working in your life. Right now

in ways you can not understand


Untuk saya pribadi, ketika saya mengadapi suatu tantangan besar yang saya lakukan adalah mencoba melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Karena bisa jadi apa yang kita lihat sebagai masalah justru adalah sebuah cara Tuhan untuk membentuk kita. I believe that God is still working to make me a better person everyday.


Apapun yang terjadi hari ini adalah sebuah persiapan yang sempurna dari Tuhan untuk sesuatu yang kita doakan.


Tuhan itu punya banyak cara untuk menjawab doa-doa kita, punya banyak cara untuk menolong kita, punya banyak cara untuk membawa kita naik level. Untuk itu ketika kita dihadapkan dengan sesuatu hal yang besar jangan bersandar pada pengertian kita sendiri. Coba kita tanya kepada si pemilik kehidupan, dia punya jawaban untuk semua pertanyaan kita. Karena semua yang terjadi hari kemaren dan hari ini adalah cara Tuhan untuk mempersiapkan kita untuk sesuatu yang kita doakan.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

I don't have anything but FAITH

CLOSE