Untukmu yang Tengah Bimbang, Jangan Lepaskan Kemudimu. Meski Banyak Cobaan Membelenggu

Untukmu yang tengah bimbang

Kalau mengendalikan diri sendiri saja tidak becus, bagaimana kita bisa memimpin orang lain? Kalau semangatmu saja mudah redup, bagaimana engkau bisa menyemangati yang lain? Kalau dirimu masih menyia-nyiakan waktu produktifmu, bagaimana engkau bermimpi orang lain produktif dengan idemu?

Advertisement

Semua hanya ada di bayangmu, semua hanya mimpi-mimpimu. Jika engkau sendiri tidak pernah bangun untuk bergerak. Bergerak, bergerak hei bangunlah cuy. Bila engkau sendiri yang memegang kendali hidupmu maka bersiaplah dirimu akan diambil alih oleh hawa nafsu.

Hidup ini pertarungan, ujiannya seumur hidup. Bila engkau lemah maka bersiaplah dan bila engkau tidak siaga bersiaplah juga. Dirimu menjadi bukan dirimu lagi, kita disini di dunia ini sedang sama-sama berjuang. Bukan melampiaskan segalanya, bukankah bila kita lampiaskan segalanya kitapun akan hancur.

Lihatlah pecandu narkoba, ia lampiaskan segalanya pada zat adiktif tersebut. Tak heran karirnya hancur, hubungannya hancur, dan tubuhnya pun hancur.

Advertisement

Engkau lelah? Aku tahu bahwa suatu waktu akan sangat kacau, istirahatkanlah tubuhmu, pikiranmu dan berdzikirlah. Jiwamu tak boleh redup, itu benteng terahir sebelum hal yang tidak-tidak terjadi, sluku-sluku bathokilah dirimu. La illaha illahallah, eling-eling ing Gusti Allah.

Ya hidup ini sungguh melelahkan, tapi jangan lepaska kendali dirimu. Sekali jangan lepaskan. Bila lelah istirahatlah tapi sekali lagi engkau harus mengontrol dirimu, jangan pernah lepaskan. Aku sendiri pernah benar-benar melepaskan dan kuturuti nafsu inginku, nonton anime, nonton film seharian, main games sampe bosan, dan aku benar-benar membuang waktu berhargaku.

Kini aku sangat menyesalinya, aku tertinggal akademiku dari teman-teman seusiaku, aku sadari itu di akhir. Padahal aku memiliki kesempatan untuk melanjutkan akademikku waktu itu tapi aku kalap, aku putus asa, aku kurang percaya diri dan kurang mensyukuri diriku. Akhirnya kulampiaskan galauku pada hal yang menyia-nyiakan waktuku.

Wahai jiwa, bersabarlah dengan masalah yang menimpamu, aku yakin semua orang memiliki masalahnya sendiri-sendiri. Jangan lepaskan kendali dirimu wahai jiwa. Tanpa masalah bukankah hidup ini tak begitu menarik ya, pernah engkau merenungi itu.

Orang yang dewasa ialah orang yang banyak menyelesaikan masalah, dan bermodal usia yang kian bertambah tak cukup engkau dianggap dewasa bila mengatur diri saja tak becus. Tujuan hidup menurutku bukan kaya dan terkenal, namun ketika dirimu semakin bisa mengatur dirimu. 

Semakin dipercaya dan sinkron dengan kehendak Allah kepadamu, karena engkau adalah khalifah fiil ardh. Baik kaya maupun dikenal luas masyarakat menurutku itu cuma efek dari kebermanfaatanmu. Dan faktanya orang terkaya dan terkenal di dunia versi majalah Forbes saat ini yakni Bill Gates merupakan orang yang paling banyak manfaatnya untuk orang lain.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sedang belajar mengasah tulisannya. Semua adalah Guru, Semua adalah Murid, hayu kita sama-sama belajar.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE