Viral Berita Ghozali Meraup Cuan dari Hasil Jualan Foto Selfie di NFT. Sebenarnya NFT Itu Apa Sih?

Yuk Kita Bahas Teknologi NFT Yang Membuat Ghozali Jadi Miliarder

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan berita Ghozali yang menjual foto selfie-nya di NFT dengan harga jutaan dan bisa naik terus seiring dengan kenaikan jumlah nilai tukar ETH (Ethereum) yang menjadi mata uang di NFT. Dilansir menurut eraspace.com NFT (Non Fungible Token) adalah sebuah aset digital yang tidak dapat di replikasi maupun diduplikasi dan tidak dapat diperjual belikan. Berbeda dengan mata uang cryptocurrency lainnya seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin  yang bisa di tukar dengan uang, NFT tidak bekerja seperti itu.

Advertisement

Ghozali meraup cuan dengan menjual foto selfie dia sebagai karya yang sudah di upload sebanyak 993 lebih foto selfie, yang harga 1 fotonya seharga 14 juta. Nilai tersebut bisa terus naik jika trend ethereum terus melonjak naik. Tapi ternyata NFT tidak hanya mendukung karya seni berupa foto, masih banyak lagi karya seni lainnya yang didukung oleh NFT, seperti Video, GIF, Musik, hingga aset game.

Aset NFT berjalan di atas jaringan blockchain, Ethereum merupakan mata uang kripto pendukung aset NFT. Maka dari itu keuntungan aset NFT yang dimiliki Ghozali memiliki nilai ditukar berdasarkan nilai mata uang kripto Ethereum tersebut.  Jadi misalnya foto selfie ghozali yang dibeli seseorang melalui NFT maka nantinya akan terdapat nomor kode yang unik yang tidak bisa diduplikasikan oleh siapapun dan dari pihak manapun. jadi misal aset foto selfie si ghozali ada 930-an lebih maka di tiap foto selfie memiliki nilai yang berbeda. Kenapa sih tiap aset NFT memiliki kode unik berbeda? rupanya kode unik itu berfungsi untuk melacak penerbit token, kreator, dan pemilik terakhirnya.

Dilansir oleh berita CNBC indonesia NFT memiliki harga tinggi dikarenakan setiap NFT akan berlaku item koleksi yang tidak bisa digandakan sehingga itu yang membuat aset NFT menjadi langka. Karya NFT yang dihasilkan oleh Ghozali juga sebenarnya adalah keisengan dan lucu-lucuan saja  dari chef arnold yang ingin membeli foto selfie ghozali yang terlihat lucu.

Advertisement

Dilansir oleh berita detiknet chef arnold membeli hampir 30 NFT Ghozali yang dijual kurang lebih pada saat itu harganya 0,0001 Ethereum. Pada saat itu nilai NFT nya sekitar Rp 47 ribuan. Tapi dikarenakan postingan oleh chef Arnold maka banyak orang yang ingin membeli NFT Ghozali. Tapi dibalik dari itu semua, NFT memiliki suatu kualitas karya, dan dalam karya yang dia hasilkan ada kerja keras didalamnya. Mungkin netizen mengira ghozali hanya beruntung karena ada chef Arnold yang menaikkan popularitas NFT-nya Ghozali, tapi menurutku Ghozali juga layak mendapatkan uang itu, karena dia konsisten dengan selfie selama 4 tahun setiap harinya, jadi aku rasa itu sesuatu investasi yang Ghozali sendiri tidak menyangka bisa bernilai hingga puluhan juta 1 NFT-nya berarti seluruh NFT nya sudah bernilai miliaran menurut 390-an NFT yang dia jual.

NFT terlihat menguntungkan bukan? Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah apakah NFT bisa menjadi investasi untuk berkarya? menurut eraspace.com NFT mengacu pada hal-hal yang sedang dikerjakan oleh banyak orang dan perusahaan dengan menjadikan karya seni digital atau produk lain ke NFT, maka jelas jawabannya Ya!. Berdasarkan perkembangan pangsa pasar NFT saat ini, bahkan telah meningkat sampai 250 juta USD. Tapi dikarenakan popularitas NFT yang masih baru di indonesia kamu sebagai pembuat karya harus lebih mempelajari informasi dan juga perkembangan pasar dari NFT ini. 

Nah gimana nih, apakah kamu tertarik untuk menjadi the Next Ghozali ? yang tentunya menjual ide karya yang berbeda dengan Ghozali dong ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

-Penulis Amatir -Suka Nonton Netflix -Suka Baca Novel, Suka dengar podcast -Suka Olahraga Tenis Meja

CLOSE