Rekomendasi Kuliner Gulai Sapi Pahing yang Sudah Legend di Jogja. Rasanya Top Markotop!

Rekomendasi gulai sapi mantap dan top markotop

Gulai sapi merupakan hidangan lezat menggunakan bahan baku daging sapi, santan, dan juga macam-macam bumbu dan rempah seperti bawang merah, bawang putih, sereh, merica, jahe, lengkuas dan masih banyak lagi. Biasanya gule dihidangkan dengan nasi putih hangat, dan juga dengan taburan bawang goreng akan membuat rasanya lebih sedap. Tak lupa juga dengan lalapan seperti kol(kubis), mentimun, dan cabai, jika ingin terasa lebih pedas. 

Advertisement

Kenapa gulai sapi pahing? Ya, karena warung makan ini hanya beroperasi setiap hari “pahing”. Pahing adalah salah satu hari pasaran dalam hitungan jawa. Di Pasar Hewan Ambarketawang, Gamping, Sleman. buka setiap Pahing. Disitulah warung makan ini berada. Warung ini sebenarnya bernama “Gule Sapi Bu Main”. Hanya dengan membayar 25.000/porsi anda sudah dapat menikmati gulai sapi beserta nasi, minuman, lalapan, dan kerupuk. Sangat terjangkau bukan?

Menariknya warung ini berada langsung di pasar hewan, jadi kita dapat melihat langsungi hewan-hewan yang ada di sana. Juga mendengar sapi-sapi mengaum. Untuk pengolahan gulai sapi disini masih menggunakan tehnik tradisional, membuat bumbunya ditumbuk dengan batu, memasaknya masih menggunakan kayu dan arang. Untuk minumannya disediakan es jeruk, es teh, atau teh panas, dan jeruk panas dengan gula batu. Banyak orang mengatakan jika air yang digunakan untuk menyeduh teh atau jeruk itu dimasak menggunakan arang, maka rasanya berbeda, akan terasa lebih sedap.  

Gule sapi ini sudah berdiri belasan tahun, dan sudah berganti ke keturunan kedua. dahulu, pasar hewan ini terletak di Pakuncen, Kecamatan Wirobrajan, yang sekarang menjadi Pasar Klithikan Pakuncen. Lalu pada tahun 2006 pindah ke Ambarketawang, Gamping. Maka dari itu juga Warung Gule Bu Main turut pindah mengikuti pasar hewan.

Advertisement

Warung ini buka pukul 06.00 pagi sampai habis. Bahkan, pernah hanya dalam 4 jam saja gule sapi ini sudah habis terjual. Dari dulu hingga sekarang Warung  Gule Sapi bu main masih memiliki banyak pelanggan setia. Banyak kalangan yang sangat menyukai gule ini, dari para pedagang yang melakukan jual beli disana, sampai petugas kantor yang ada di Pasar Hewan tersebut, juga para penduduk sekitar. Bahkan sampai ada yang jauh-jauh datang hanya untuk mengisi perut dengan hidangan berbahan dasar daging sapi ini. 

Namun sepertinya belum banyak masyarakat kota Jogja yang mengetahui tempat dimana warung Gule Sapi Bu Main berada. Karena warung ini hanya buka pada hari Pahing saja, dan juga berada di dalam pasar sapi, yang lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta.

Apakah anda berminat mencicipi gulai sapi Bu Main? Jika anda ingin berkunjung ke Warung Gulai Sapi Bu Main, maka pastikan anda mengetahui kapan jatuhnya hari Pahing.  Dan jika anda kebingungan dimana letak pasar sapi Ambarketawang, anda bisa membuka google maps dan mencari dengan kata kunci “Pasar Hewan Ambarketawang”.

Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE