Wat Rong Khun Si Putih nan Megah dan Penuh Misteri, Membuat Para Traveller Terpesona Akan Keindahan Arsitekturnya!

wisata thailand, wat rong khun

Indah, megah, menawan merupakan kesan yang ditinggalkan ketika kita melihat betapa luar biasanya arsitektur dari Wat Rong Khun atau yag di kenal dengan Kuil Putih yang terletak di Chiang Rai, Thailand. Tempat ini merupakan Kuil Buddha yang memiliki arsitektur tradisional Thailand seperti patung–patung dan ukiran–ukiran yang sangat rumit juga detail yang bernuansa putih di seluruh penjuru bangunan.

Advertisement

Keindahan tempat ini dibaluri juga dengan bumbu–bumbu misteri dan menyeramkan di saat yang bersamaan. Wat Rong Khun ini telah dirancang oleh Chalermchai Kositpipat pada tahun 1997 yang merupakan salah satu pelukis ternama Thailand. Warna Putih yang ada pada keseluruhan bangunan ini bukan tanpa makna, hal ini untuk menggambarkan kesucian dari Sang Buddha.

Meskipun bertemakan putih yang menggambarkan kesucian Sang Buddha namun di Kuil ini tidak hanya terdapat patung–patung tradisional Thailand saja karena di tempat ini keseluruhan ukirannya menggambarkan tentang kekacauan serta kehancuran. Hal ini sangat jelas terlihat karena banyak ditemui patung setan, patung tengkorang, patung tangan yang sangat banyaak yang seperti mengisyaratkan minta tolong serta adanya kepala terpenggal yang tergantung di pepohonan, hal ini tentu sangat menyeramkan dan memberi kesan “Beauty but Creepy”. Kesan yang menggambarkan kehancuran terdapat di dalam wujud bangunan itu bersama dengan patung–patung yang berada di depan kuil ini karena ada yang mengilustrasikan bara api berwarna putih yang memiliki ukiran indah nan sulit.

Kalian akan takjub! Namun, hal yang ditampilkan secara bersamaan dalam arti satu tempat dengan berbagai kesan menjadikan daya tarik tersendiri bagi tempat itu, bagaimana tidak kita akan merasa sangat tersanjung Ketika mengaggumi arsitektur Kuil ini namun sekaligus diliputi perasaan takut yang membuat kita penasaran akan makna dan sejarah tempat tersebut sehingga kita pun akan bertanya- tanya dalam hati apa latar belakang dari pembangunan Wat Rong Khun, bukan?

Advertisement

White Temple atau Wat Rong Khun dulunya dibangun sebagai tempat untuk bermeditasi bagi umat Buddha sekaligus menjadi pusat pembelajaran bagi masyarakat setempat megenai Sang Buddha. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa patung dan ukiran yang mengajarkan atau mengilustrasikan tentang kehidupan di dunia. Selain itu, juga adanya patung menyeramkan yaitu patung setan, tengkorak, dan kepala yang tergantung di pohon itu melambangkan kehidupan di neraka tapi karena tujuannya adalah pembelajaran maka disana juga terdapat patung Buddha sebagai ilutrasi mengenai Nirwana atau surga yang di percayai dalam agama Buddha. Jadi Kuil Ini sejatinya dibangun untuk tempat bermeditasi dan pembelajaran namun karena arsitekturnya yang unik maka tempat ini dibuka untuk umum tanpa biaya namun kita harus mematuhi aturan yang diterapkan oleh pemilik kuil.

Selain menjadi tempat pembelajaran tempat ini juga sekalian menjadi tempat wisata yang sangat diminati oleh warga lokal maupun wisatawan asing yang ingin melihat dan merasakan betapa megah dan indahnya arsitektur dari bangunan ini. Selain dimanjakan dengan uniknya ukiran yang ada di Wat Rong Khun kita juga jadi belajar sedikit mengenai ajaran agama Buddha karena Thailand di kenal sebagai negara yang menjadi pusat dari agama ini.

Advertisement

Selain dari keunikan ukiran dan patung juga makna dibalik Wat Rong Khun, tempat ini memiliki atap yang tidak hanya satu melainkan atap yang bertumpuk tiga sekaligus. Hal ini sebenarnya sudah wajar karena desain ini sama seperti Kuil Buddha lainnya selain itu atap nya juga diberi dekorasi ular naga sehingga makin menimbulkan kesan mistis yang kuat namun tetap menawan jika di liat dari kejauhan apalagi jika kita mengabadikan foto dari Wat Rong Khun ini.

Ketika kita datang ketempat ini kita akan merasa seperti sedang berada di suatu tempat yang sangat indah, suci, serta sakral, namun juga misterius bayangkan saja kamu seperti sedang menjadi pemeran film kerajaan Thailand, berkat ornament yang ada aura dari tempat ini sangat kuat dan membawa kita terhanyut dalam keunikan yang ditawarkan, apalagi Ketika kita ingin memasuki Kuil kita harus melaewati jembatan terlebih dahulu, rasanya seperti pergi menyambut surga bukan? Pasti akan sangat tercengang dan tak henti-hentinya merasa takjub!

Ternyata tempat ini pun memiliki fakta unik lainnya yaitu ketika kita sudah memasuki kuil ini kita harus berjalan lurus satu arah dan tidak  bisa berbalik lagi jika kita melewatkan moment untuk mengabadikan keadaan di kuil. Jika kita ingin kembali lagi kita harus rela mengantre dari awal karena kita tidak bisa melawan arus begitu saja. Hal ini bukan tanpa alasan, ini merupakan salah satu simbol yaitu manusia yang terus bergerak kedepan dan pantang mundur yang merupakan cerminan dari ajaran Buddha. Karena awalnya tempat ini diadikan tempat meditasi dan pembelajaran jadi ketika alih fungsikan menjadi tempat wisata kebiasaan menerapkan ajaran Sang Buddha pun masih terus di terapkan di tempat ini agar nilai–nilai kebaikan yang ada tetap melekat pada diri setiap wisatawan yang menikmati suasana di Wat Rong Khun ini.

Ilustrasi mengenai neraka yang dibangun lewat patung–patung dan ornament yang ada sangat menimbulkan kesan yang nyata. Karena dari pengilustrasian yang ada betul–betul seperti  menggambarkan suasana tentang neraka yang kita ketahui sangat menyeramkan, sangat jahat, serta kita yang sudah masuk tidak akan bisa kembali lagi walaupun meminta tolong dan meraung–raung. Gambaran prihatin dan siksa sangat nyata terlukis dalam hasil karya yang ada di Kuil ini. Tangan–tangan yang menyambut di sisi jembatan membuat kita memiliki perasaan seperti akan ditarik masuk dan ikut masuk merasakan penderitaan. Tengkorak yang ada pun seperti menunjukkan ekspresi yang sangat tidak merasakan kebahagian melainkan hanya merasakan kesakitan serta penderitaan. Daya pikat nya sangat kuat karena patung yang ada seakan–akan memiliki energinya sendiri yang dapat membuat kita pun jadi turut dalam merasakan emosi yang diciptakan oleh sang pelukis yang membuat tempat ini.

Walaupun Wat Rong Khun memiliki kesan mistis dan religius namun tempat ini sangat worth it untuk dikunjungi karena kita mendapat banyak kesan yang diluar ekspetasi juga kita dapat mengetahui ajaran baik yang diajarkan Sang Buddha melalui perjalanan wisata di Kuil Putih ini. So, tunggu apa lagi ? Kapan lagi mendapat kesan yang unik di tempat yang unik, indah nan menakjubkan di Thailand dengan gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya kalian bisa langsung menikmati aura kuat dari Wat Rong Khun di Chiang Rai, Thailand.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE