Wisata Air Terjun Kedung Kayang, Wisata Murah dengan Pemandangan yang Luar Biasa

Menghirup udara segar seraya menikmati indahnya alam menjadi salah satu cara jitu untuk menghilangkan stres kamu. Salah satu destinasi wisata yang cocok banget kamu kunjungi yaitu Air Terjun Kedung Kayang. Destinasi wisata Air Terjun Kedung Kayang berada di area pegunungan, tepatnya di Dusun Nagrong, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

Advertisement

Objek wisata Kedung Kayang sendiri masih sangat asri yang dikelilingi oleh tebing-tebing dan pohon pinus yang tumbuh di sekitarnya. Sejuk udara pegunungan ditambah lagi dengan suara air yang terjatuh dari ketinggian dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih rileks dan stres dapat hilang seketika. Objek wisata Air Terjun Kedung Kayang buka selama 6 hari dalam seminggu, tepatnya pada hari Sabtu – Kamis ( Jum'at libur ) pukul 05.00 – 17.00. Kamu bisa menggunakan motor, mobil, dan bis untuk menuju kesana.

Untuk menuju ke objek wisata Air Terjun Kedung Kayang kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 18,9 Kilometer atau 37 menit perjalanan dari Terminal Drs Prajitno Muntilan melalui jalan Blabak – Boyolali, tidak terlalu jauh kan? Walaupun tidak terlalu jauh kamu harus tahu jalan yang harus kamu lewati adalah jalan pegunungan yang banyak tanjakan dan tikungan tajam, jadi kamu harus hati-hati dalam berkendara. Disepanjang perjalanan kamu juga akan disuguhi pemandangan Kecamatan Sawangan yang indah dari ketinggian.

Saat sudah sampai kamu hanya perlu membayar Rp. 4.500 untuk biaya tiket masuk. Kamu juga mendapatkan jaminan asuransi dari PT. JASARAHARJA PUTERA dengan maksimal nilai pertanggungan sampai dengan Rp. 7.500.000 jika terjadi kecelakaan. Tarif parkir juga terbilang normal yaitu Rp. 2.000 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 10.000 untuk bis. Saat kamu memasuki kawasan wisata Kedung Kayang, kamu akan menemui plang yang bertuliskan “Atas Air Terjun” disebelah kiri dan “Bawah Air Terjun” di sebelah kanan.

Advertisement

Jika kamu menuju ke arah kiri maka kamu bisa menemui spot foto berupa gardu yang berada di atas pohon, spot foto dari ketinggian tersebut menampakkan keindahan air terjun dan alam di sekitarnya. Untuk dapat berfoto di spot tersebut kamu hanya perlu membayar Rp. 10.000 dan sudah termasuk fotografernya.  

Jika kamu mau ke spot air terjun, pastikan kamu memiliki kondisi fisik yang baik karena kamu harus berjalan menuruni tebing dari spot awal tadi. Terdapat jalan yang sudah disemen supaya pengunjung dapat dengan mudah menuruni tebing. Butuh waktu sekitar 10 – 15 menit berjalan kaki dari atas sampai ke air terjun.

Jika kamu haus di tengah perjalanan dan tidak membawa minum, kamu dapat membeli minuman ataupun cemilan di warung yang berada di sekitar jalan menuju ke air terjun. Setelah kamu berada dibawah, kamu harus berjalan menyusuri sungai sekitar 200 meter untuk dapat sampai ke air terjun, kamu harus berjalan melewati bebatuan sungai dan menyeberangi sungai yang arusnya tidak begitu deras.

Rasa lelah seketika hilang setelah kamu melihat indahnya air terjun dan alam di sekitarnya, perjalanan yang panjang dan melelahkan serasa terbayarkan. Kamu dapat berfoto-foto dan bermain air di sekitaran air terjun, namun kamu harus tetap berhati-hati karena bebatuan yang berada dekat dengan air terjun cenderung licin dan berlumut yang dapat membuat kamu terpeleset. Setelah puas bermain air dan menikmati keindahan air terjun, kamu harus kembali keatas dengan berjalan kaki, jika kamu kelelahan kamu dapat menyewa jasa ojek yang berada disekitar jalan tadi. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa ojek sebesar Rp. 15.000.

Bicara tentang wisata pasti tidak jauh dari kulinernya, disana kamu dapat membeli berbagai makanan di warung-warung makan yang ada. Harga makanan terbilang murah jika dibandingkan dengan beberapa objek wisata lainnya. Jadi gimana? Murah bukan? Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang dapat menjadi wishlist liburan murah dan menyenangkan untuk kamu. Maka dari itu, ayo wisata ke Kedung Kayang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE