#DiIndonesiaAja-Pulau Karamaijat, Wisata Bahari di Pelosok Negeri yang Kamu Cari

Wisata ke tempat baru

DiIndonesiaAja. Anda pencinta wisata bahari, hobi berselancar, dan ingin mencoba ombak yang beda?

Advertisement

Hipwee ada yang beda nih, tempatnya di Pulau Karamaijat yang berlokasi di Kecamatan Siberut Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pulau ini menghadap Samudera Hindia yang di mana lautannya merupakan bagian dari Samudera Hindia. Jika dilihat di peta Indonesia pulau ini berada di daerah barat Indonesia,  terluar, terpencil dan jarang disorot. Jadi tidak heran jika pulau dengan ombak yang besar, lautan biru dan jernih yang membentang luas jarang diketahui karena masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Karamaijat memang masih terdengar asing di telinga Hipwee, jangankan pulau Karamaijat nama Mentawai saja mungkin baru pertama kali didengar, hal ini disebabkan oleh karena kurangnya promosi pariwisata. Tapi tau nggak? Ombak di pulau ini pernah mengalahkan Hawai, Spanyol dan Afrika Selatan dengan posisi kedua ombak terbesar dan terindah di dunia pada tahun 2016, sehingga pada saat itulah tempat ini menjadi incaran wisatawan mancanegara untuk melakukan surfing.

Tapi masa iya mau kalah cepat sama wisatawan mancanegara yang lebih dulu kenal tempat ini, mereka saja bisa tertarik datang ketempat ini bahkan beberapa kali, hal itu disebabkan karean berwisata ditempat ini tidak mengecewakan mereka. Jadi, yuk masukin pulau ini ke dalam list kunjungan wisata kamu.

Advertisement

Jika ingin melakukan wisata di Pulau Karamaijat kamu bisa berkunjung pada bulan Maret hingga Oktober, dan untuk ombak besar setinggi 4 meter akan datang pada bulan Juni hingga September karena pada bulan itu sedang musim badai di Kepulauan Mentawai. Untuk mengunjungi tempat ini Hipwee bisa naik pesawat dan turun di bandar udara Minangkabau di Kota Padang jika berasal dari luar Sumatera, karena  bandara di Mentawai hanya menerima pesawat kecil seperti SusiAir. Sementara untuk bandar udara internasionalnya masih dalam proses pembuatan.

Selanjutanya jika kamu sudah sampai di Padang kamu bisa naik kapal antar pulau yaitu kapal Gambolo, Perintis dan Ambu-ambu yang berangkat setiap hari senin, dan jumat sore pukul 18:00 dengan harga tiket  Rp. 150.000/penumpang selama kurang lebih 6 jam perjalanan atau naik kapal Mentawai Fast 2 yang berangkat setiap hari selasa, kamis, dan sabtu pukul 07:00 dengan harga tiket Rp.250.000/penumpang selama 3 jam perjalanan tujuan Padang-Muara siberut.

Advertisement

Setibanya di Pelabuhan Muara Siberut kamu akan bertemu para operator buot yang terapung bersama buot mereka yang mengantar penumpang ke Pulau Karamaijat. Di pulau tersebut terdapat beberapa villa yang dapat kamu sewa untuk menginap seperti Kandui Villas, Kandui Resort, E-Bey, Luluni resort dan Pitstop Hill dan kamu juga bisa menyewa surfing atau alat untuk berwisata bagi  wisatawan backpacker. Kamu juga dapat memesan paket wisata ketempat yang sama dengan mengunjungi website resmi resort yang tersedia di sana.

Jika kamu senang dengan wisata bahari namun kamu tidak bisa berselancar jangan khawatir, Pulau Karamaijat ini memiliki pasir putih yang terbentang di sepanjang di bibir pantai, sehingga kamu dapat menghabiskan waktu untuk duduk di pasir putih atau berteduh di bawah pohon kelapa sambil menikmati pemandangan laut atau langit yang  biru dan cerah,  dijamin kamu akan betah berlama-lama disini.

Kamu juga dapat menenangkan pikiran sembari mendengar suara ombak karena tempat ini jauh dari keramaian masyarakat, membaca buku, bersantai atau berkeliling disekitar bibir pantai sambil memotret. Di sana sesekali kamu akan bertemu dengan petani kelapa yang membersihkan ladang atau memanen kelapa mereka, karena sampai saat ini pulau tersebut masih dijadikan sebagai lahan untuk berkebun kelapa oleh penduduk lokal, namun tidak usah khawatir mereka sangat ramah dan tidak mengganggu wisatawan.  

Kamu juga bisa  berkeliling atau bersantai di tepi pantai pada pagi hari atau sore hari, untuk menikmati indahnya sunrise atau sunset  yang terbit dan terbenam di Samudera Hindia sambil menikmati air kelapa yang segar yang dipanen langsung dari pohonnya. Jika kamu ingin melakukan aktivitas di air kamu bisa melakukan snorkeling, scuba diving atau memancing karena di pulau ini selain memiliki ombak yang  besar dan indah air lautnya sangat jernih dan ikannya sangat banyak.

Perlu diketahui Pulau Karamaijat ini berada jauh dari pemukiman masyarakat karena dipisahkan oleh lautan, jika kamu tidak memesan paket liburan di website resmi villa yang ada di sana sebaiknya persiapkan bahan makanan yang cukup, air dan peralatan yang mungkin diperlukan selama berwisata karena di pulau ini tidak ada toko atau warung.

Selain itu siapkan juga sunblock, lotion anti nyamuk dan obat-obatan pribadi apalagi untuk yang berselancar harus berhati-hati karena batu karang dapat membahayakan kamu dan nyawa kamu. Jadi apa lagi yang kamu pusingkan jika kamu sudah tau adanya tempat ini?? Setelah tiba d itempat ini dijamin deh perjalanan jauh yang kamu lewati, uang yang kamu keluarkan akan terbayarkan dengan suasana dan pengalaman perjalanan kamu di pulau ini dan pasti kamu ingin kembali lagi tempat ini.

 

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE