Wisata Pasir Timbul di Pulau Mengkudu, Wajib Masuk Wishlist-mu Nih!

Menikmati sensasi berjalan di atas pasir timbul

Pasir timbul merupakan fenomena alam yang unik, dimana muncul gundukan pasir pantai di tengah-tengah laut ketika air laut sedang surut. Keunikan inilah yang menarik perhatian wisatawan untuk menikmat fenomena yang unik ini. Sensasi untuk berjalan diatas hamparan pasir, dari pulau ke pulau tanpa harus menyebrangi lautan. Wisata alam yang sangat instagramable sekali ini pasti menjadi minat para wisatawan tentunya. Ternyata, Lampung juga memiliki destinasi wisata ini, lho! Tepatnya di kecamatan Bakauheni, kabupaten Lampung Selatan terdapat pulau yang menjadi objek favorit. Pulau ini adalah Pulau Mengkudu. 

Advertisement

Terletak 26 km dari pusat Kota Kalianda, Pulau Mengkudu siap menanti kedatangan anda. Lokasi ini dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari kota tersebut. Namun tenang, meskipun cukup lama, pemandangan sepanjang jalan ini juga tidak kalah menarik. Untuk bisa ke pulau mengkudu anda harus melalui Jalan Pesisir Kalianda-Rajabasa dimana jalanan ini terletak di pinggir pantai. Pemandangan pantai yang biru serta semilir angin yang sejuk bisa anda nikmati. Di sepanjang perjalanan menuju pulau ini pula terdapat destinasi wisata pantai. Mulai dari pantai Wartawan, Banding, Wat Wat Gawoh, dan Kunjir. 

Untuk dapat ke pulau ini wisatawan harus menyebrang dengan perahu dari Dermaga Canti. Biaya untuk menyebrang ke pulau ini adalah Rp 10.000-15.000 saja. Harga tergantung dari penyedia jasa perahunya, karena tiap penyedia mematok harga sendiri. Namun harga tidak jauh dari kisaran tersebut. Nantinya, wisatawan akan diberi pelampung sebelum naik perahu. Perjalanan dari dermaga canti menuju pulau ini memakan waktu sekitar 15-20 menit di atas air. Selama perjalanan wisatawan akan disuguhi pemandangan elok Gunung Rajabasa. Tak hanya itu, banyak pemandangan alam lainnya yang menyegarkan mata. Hamparan lautan yang biru dan hijaunya rimbun pohon di pulau-pulau sekitar sangat sejuk dipandang. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Gunung Krakatau dari sini.

Biasanya, wisatawan yang akan berkunjung ke pulau mengkudu juga akan ditawari untuk ke objek Batu Lapis. Karena letaknya tidak jauh dari Pulau Mengkudu. Objek wisata Batu Lapis merupakan sebuah pantai yang unik karena tidak seperti pantai pada umumnya. Jika biasanya pantai berupa hamparan pasir, objek ini berbeda. Sesuai dengan namanya, pantai ini disusun oleh lapisan-lapisan bebatuan yang cantik. 

Setelah menyebrangi lautan biru sambil menikmati pemandangan alam yang menyejukkan, sampailah perahu di Pulau Mengkudu. Pulau kecil dengan luas sekitar 2 hektare ini siap menyambut wisatawan. Pepohonan rimbun dan sejuknya angin laut, tentu akan menambah suasana liburan menjadi lebih menyenangkan. Pasir putih dan bebatuan pantai juga menambah nilai eksotis dari Pulau Mengkudu.

Wisatawan juga dapat menikmati fasilitas rumah apung. Rumah apung merupakan sebuah perahu apung dengan atap seperti rumah. Rumah apung ini dapat mengantarkan para wisatawan untuk ke Batu Lapis, Pulau Sekepol, dan keliling Pulau Mengkudu. Rumah apung juga disewakan untuk wisatawan yang ingin memancing. Banyak fasilitas terdapat di pulau ini. Mulai dari ayunan, tempat duduk untuk bersantai, dan gubuk-gubuk dengan atap daun kelapa. Untuk dapat menikmati segala keindahan dan kenyamanan di pulau ini, wisatawan akan dikenakan biaya masuk Rp 10.000. tidak perlu khawatir jika lapar, di pulau ini juga terdapat kios penjual makanan, lho! 

Advertisement

Jika wisatawan datang di waktu yang tepat saat air laut sedang surut, dapat menikmati fenomena pasir timbul di pulau ini. Pasir timbul yang menghubungkan anntara Pulau Sumatera dan Pulau Mengkudu ini dapat dilalui dengan berjalan kaki. Wisatawan juga dapat berenang di sekitar Pulau Mengkudu ini. Tentunya aman karena ombak tidak terlalu besar. Dengan harga yang cukup terjangkau, ternyata banyak sekali yang dapat dinikmati di pulau ini ketika berlibur, ya? 

Bagaimana dengan anda? Apakah tertarik?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE