#WisataFilipina-Temukan Alam yang Menakjubkan di Palawan, Filipina. Salah Satu Situs Warisan Dunia UNESCO, Lho!

Pulau terbaik di dunia versi Travel+Leisure pada tahun 2017!

Berkesempatan berkuliah di luar negeri membuatku mengenal berbagai negara di dunia. Salah satu teman kelas di dua semester pertama berasal dari Filipina. Latar belakang kami yang sama-sama dari negara di Asia Tenggara membuat kami cukup dekat dengan satu sama lain.

Advertisement

Rasa makanan yang cukup mirip dengan rempah-rempah yang sedikitnya sama sehingga seringkali kami saling mengundang untuk makan malam. Bahasa kami yang mirip tapi sangat berbeda artinya, seperti mahal yang artinya cinta di Filipina, selamat yang artinya terimakasih. Selain itu banyak juga yang mirip seperti bawang, ako (aku), kita, sambal dan lainnya.

Bukan hanya berbagi soal budaya, tradisi dan makanan yang mirip-mirip dengan Indonesia, kami juga berbagi tempat-tempat menarik untuk liburan! Aku banyak bercerita soal tempat-tempat di Indonesia yang sangat Indah tapi tidak diketahui orang banyak, seperti Karimun Jawa, Raja Ampat ataupun Bunaken. Karena baginya dan kebanyakan orang asing, mereka hanya tahu Bali.

Begitu juga dia memberikan banyak tempat menarik di Filipina. Salah satunya adalah Pulau Palawan. Palawan menjadi pulau terbaik di dunia versi Travel+Leisure pada tahun 2017 yang mengalahkan Pulau Dewata Bali yang merupakan kebanggaan Indonesia. Pulau Palawan yang terletak di wilayah barat Filipina ini, dikelilingi 1.800 pulau kecil dan juga merupakan salah satu dari Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Advertisement

Dilansir dari www.wisatafilipina.com, objek wisata yang ada di wilayah Puerto Princesa, Mimaropa ini memiliki pemandangan alam yang sangat ajaib! Objek kebanggaan Palawan adalah Sungai bawah tanah dan Gua Stalagtit yang dikenal dengan nama Puerto-Princesa Subterranean River National Park sekaligus sebuah Situs UNESCO World Heritage dan salah satu dari tujuh keajaiban alam di dunia.

Sungai sepanjang 8,2 kilometer ini, konon merupakan sungai bawah tanah dengan rute terpanjang yang bisa diarungi, dan mengalir berliku-liku di bawah pengunungan, melalui Gua Sungai Bawah Tanah St. Paul, dan bermuara di Laut Cina Selatan. Total panjang sistem gua ini 24 kilometer. Keseluruhan area tempat sungai bawah tanah ini berada merupakan taman nasional dan menjadi model keragaman hayati. Lebih dari 800 spesies tumbuhan termasuk 300 spesies pohon, 196 burung, 30 mamalia, 19 reptilia, dan 8 spesies kelelawar menjadi biota tempat ini. Kamu harus coba menyelam disini! pasti seru deh!

Advertisement

Buat kamu yang suka pantai, kamu akan punya banyak pilihan, mulai dari El Nido, Coron, Nagtabon, Napsan, dan Marufinas karena Palawan memiliki banyak pulau kecil dengan pantai yang sangat Indah. Kamu juga bisa melihat pemandangan matahari terbenam dengan sang kekasih di pantai-pantai tersebut.

Menarik bukan? Bukan hanya itu kamu juga bisa berkunjung ke taman safari yang ada di dalam wilayah tersebut, yaitu Calauit Game Preserve and Wildlife Sanctuary. Selain itu kamu juga bisa menyelam dan melihat taman bawah laut yang mereka miliki. Juga Pulau Ursula sebagai tempat konservasi atau habitat bagi buru-burung laut. 

Seru kan? Kamu juga harus coba makanan-makanan Filiphina karena rasa makanan mereka sangat enak dan cocok di lidah kita orang Indonesia. Jangan lupa juga berfoto dan membagikan momenmu agar semua orang tahu bahwa wisata dan berlibur di Filipina itu seru! It’s more fun in the Philippines!

Informasi mengenai Filipina ini aku dapatkan di www.wisatafilipina.com. Informasinya sangat beragam, mulai dari tempat wisata, hotel, kuliner, diving, ESL, pilgrimage, sampai muslim-friendly, semuanya ada di sini. Selain isinya lengkap dan terpercaya, website milik PDOT Indonesia ini juga dilengkapi panduan wisata serta berbagai fitur keren dan seru yang membuatku semakin tertarik untuk menjelajah Filipina. Ditambah lagi, ada berbagai kuis berhadiah menarik yang bisa aku ikuti. Tentunya ini sangat mengobati kerinduanku untuk bisa liburan ke Filipina. It’s More Fun in the Philippines!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE