“By seeing London, I Have Seen as Much Of life as the world can show”

-Samuel Johnshon-

Advertisement

Aku berjalan di pinggiran sungai Thames menikmati kota London dengan lukisan langit merah jambu menambah indah kota London senja itu. Ada airmata yang terbendung disudut mataku karena saat ini aku berdiri tepat dihadapan London eye, ini mimpi keduaku setelah Big Ben. Ini bukan hanya tentang London ini adalah perjalanan yang sangat berharga karena proses panjang telah membawaku kemari.

Perjalananku kemari untuk memenuhi undangan pemerintahan Inggris dalam peringatan 100 tahun kepanduan dunia “World Scout Jamboree” dilaksanakan di Hylandpark Chelmsford, yang diikuti oleh 158 negara dengan jumlah peserta 38.000 dari seluruh penjuru dunia.

Hylandpark Chemsford 27 Juli 2007

Advertisement

Hari pertama pembukaan “World Scout Jamboree” yang langsung dibuka oleh Pangeran William. Seluruh peserta dari seluruh penjuru dunia mengibarkan bendera masing masing, suasana riuh gemuruh meneriaki nama negara masing masing, lalu dilanjutkan menyanyikan jingle World Jamboree “ One World One Promise”.

Lagu tersebut membuat lapangan yang dipadati hampir 40.000 peserta tersebut menjadi haru biru, aku masih ingat rasanya. Berdiri dibawah kibaran bendera 158 negara, seluruh peserta bergandengan tangan sambil mengucapkan 1 janji Dunia ( One World One Promise ) yaitu Harmony In Diversity, Langit London Menjadi Saksi Perbedaan Menjadi Sangat indah ketika kita mau dan bersedia untuk menerima perbedaan itu sendiri.

Rasa bangga yang tidak dapat diungkapkan, karena hari itu kami tidak perduli siapapun kami, dari manapun kami, apapun latar belakang kami, hari ini kami di sini dengan puluhan ribu peserta dari berbagai negara untuk menunjukan bagaimana seharusnya perbedaan disikapi dengan cara yang indah.

Kurang lebih 2 minggu kegiatan tersebut dilaksanakan, kegiatan tersebut dipenuhi dengan berbagai macam kegiatan, London telah menunjukan kepada dunia bertapa luasnya Ilmu Pengetahuan dan seluruhnya dapat dipelajari dengan cara yang menyenangkan dan penuh kreatifitas, berikut beberapa rangakaian kegiatan yang kami lakukan :

ELEMENTS

Adalah kegiatan pertama kami. Kegiatan ini berfokus pada Sains dari ke empat elemen,yaitu : api, udara, air, dan tanah.

GILWELL ADVENTURE

Kegiatan kami ke dua. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari penuh di luar Hylands Park, jarak tempuh selama satu setengah jam ke Gilwell Park yang merupakan tempat bersejarah Baden Powel.

GLOBALDEVELOPMENT BOULEVARD

Merupakan kegiatan ChoiseTime,kegiatan ini untuk mempelajari tentang proyek – proyek nasional dan internasional

WORLD VILLAGE AQUAVILLE

Di sini kami mengikuti bermacam – macam permainan dari berbagai Stand yang tersedia.

STARBURS and FOOTSTEPS

Merupakan bagian kegiatan Jambore Dunia yang dilaksanakan di luar Camp. Kegiatan ini menghabiskan waktu setengah hari penuh. Bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, melalui kegiatan bakti agar para peserta dapat mengamalkan nasehat Baden Powell, yaitu " meninggalkan dunia ini sedikit lebih baik dari waktu mereka menemukannya”.

TRASH

Adalah kegiatan yang dimaksudkan untuk membangun minat peserta tentang cara – cara menggunakan dan memanfaatkan barang bekas. Dan masih banyak lagi kegiatan lainnya,

Setelah melewati rangkaian kegiatan yang cukup melelahkan namun sangat menyenangkan, kami berkesempatan untuk melakukan Tour London. Ini adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Dari Chelmsford rombongan peserta menggunakan bus double decker yang sangat iconic di London. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Buckingham Palace, adalah kediaman resmi ratu inggris juga menjadi tempat acara kenegaraan.

Sampai di sana kami disajikan pemandangan upacara Changing guard yang cukup menarik perhatian wisatawan. Setelah puas berkeliling dan dijelaskan oleh pemandu wisata tentang sejarah istana Buckingham Palace. Tujuan kedua adalah Big Ben, jantungku berdebar lebih cepat karena sebentar lagi aku akan sampai pada salah satu tujuh keajaiban Dunia.

Tempat penuh oleh pengunjung yang sedang berusaha untuk mendapatkan foto terbaik mereka dimenara megah tersebut. Sementara aku terdiam menyaksikan keajaiban yang terjadi, Menara jam tua yang dibangun pada tahun 1859 ini telah menarik orang dari berbagai dunia untuk datang dan melihatnya secara langsung, dan hari ini aku berdiri disini dengan Usiaku 15 tahun waktu itu, bukankah ini pencapaian yang luar biasa.

Tapi kagumku belum berhenti sampai disitu, tidak jauh dari Big Ben pemandu wisata mengarahkan kami menuju London eye. London eye atau disebut dengan mata London, karena kita bisa melihat keindahan kota London dari ketinggian 443 kaki di atas permukaan Sungai Thames. Ini menjadi bagian penting dari seluruh perjalanan, dari seluruh tempat wisata yang aku kunjungi di kota London.

London eye menunjukan sesuatu yang benar-benar London, apa yang selalu orang rindukan dari kota ini, yaitu Accepting Differences. London bukanya hanya kota dengan penuh pemandangan yang indah disetiap sudut kotanya, tapi yang paling menjadikan kota ini sangat “London” adalah keramahan orang orang yang ada didalamnya, kebijakasanaan orang orang yang berada didalamnya dalam menghargai perbedaan itu sendiri.

Menempatkan perbedaan sebagai hak setiap orang untuk diterima dan dihargai adalah kebudayaan London yang telah membuat London menjadi Kota Impian setiap orang di penjuru dunia. Dan hari itu sejarah hidupku telah mencatatnya dan menjadikan London sebagai kota terbaik yang pernah aku kunjungi.

Heathrow Airport, 8 Agustus 2007

Hari itu aku pulang ke Indonesia namun hatiku masih tertinggal di kota ini. Dalam penerbanganku menuju kampung halaman Indonesia. Aku menuliskan bait singkat didalam buku harianku. Sepuluh Tahun dari hari ini aku akan kembali ke kota ini.

Batam, 27 Februari 2018

Hampir Sepuluh Tahun berlalu , dan mimpi itu masih aku rawat dengan sangat baik. Saat ini aku sedang menyiapkan berkas beasiswaku untuk mendaftar di salah satu universitas ternama di kota London, dan jika memang London ditakdirkan untukku, maka mimpiku sepuluh tahun lalu akan menjadi hadiah terindah di musim dingin tahun ini.

#AyoKeUK #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya