Indonesia adalah negara yang amat luas dengan keindahan alamnya yang amat luar biasa, rasanya sangat sayang jika kita tidak mencoba menjelajahi setiap sudut keindahannya.

Namun untuk mengunjungi semua tempat tersebut satu persatu tentu akan ada banyak tantangan, mulai dari waktu yang terbatas, aksesibilitas yang tak memungkinkan , dan yang paling penting yaitu budget yang memadai.

Advertisement

Dikutip dari backpackstory.me sekarang kamu bisa tenang berikut ini akan dibagikan tips jitu traveling murah yang bisa kamu terapkan untuk bisa menjelajahi keindahan Indonesia.

1. Road Trip Bareng

Perjalanan lewat jalur darat bisa kamu lakukan sebagai alternatif jika tiket pesawat mahal. Kamu bisa menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan atau bahkan pinjaman. Ajaklah teman atau saudaramu dengan begitu seluruh biaya dapat dibagi rata, mulai dari biaya bahan bakar, parkir, sampai tol. Tugas untuk mengemudi juga bisa dilakukan bergantian jika kamu mengajak teman yang bisa mengemudi.

Advertisement

2. Ikuti Open Trip

Open trip adalah sebuah perjalanan terorganisir yang dilakukan secara beramai-ramai ke suatu tempat wisata. Prinsip open trip adalah membagi rata setiap pengeluran seperti transportasi dan penginapan dengan seluruh peserta yang ikut traveling. Kamu bisa menemukan penawaran open trip di forum jalan-jalan, ataupun media sosial.

3. Selalu Cek Tiket Promo

Berbagai maskapai penerbangan terkadang menawarkan tiket promo yang harganya jauh dibawah normal. Jadi kamu harus rutin cek ke website atau sosial mereka untuk informasi tiket promo ini.

4. Menginap di Homestay

Daripada menginap di hotel dengan harga mahal, mending kamu menginap di homestay. Homestay merupakan rumah penduduk yang disewakan kepada para wisatawan untuk menginap. selain harganya murah kamu juga bisa menikmati pemandangan desa lokal dan keramahan dari pemilik homestay.

5. Mencoba Kuliner Lokal

Salah satu kenikmatan traveling adalah kita bisa mencicipi berbagai kuliner lokal yang eksotis, enak dan pastinya dengan harga murah meriah. Kamu bisa menemukan kuliner lokal di pasar tradisional, maupun di kaki lima yang bisanya ramai pengunjungnya. Kamu juga bisa membawa botol air minum sendiri untuk lebih menghemat biaya.

6. Menggunakan Angkutan Umum dan Perjalanan Malam Hari

Angkutan umum harganya murah, dan dengan menggunakan angkutan umum kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang lebih otentik. Dengan melakukan perjalanan di malam hari, kamu bisa tidur di bis atau pesawat dan tiba di lokasi keesokan harinya yanpa harus menyewa penginapan.

Penulis: Emack

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya