Yuk, Mulai Bersyukur untuk Hati yang Lebih Bahagia dan Damai

Bersyukur di Kehidupan Sehari-Hari


“Be Grateful of What You Have”


Advertisement

Kalimat tersebut nampaknya sering terdengar dalam kehidupan kita. Seringkali kita diingatkan untuk mensyukuri hal-hal dalam hidup. Terlebih ketika hidup sedang berjalan tidak baik-baik saja, kadang kita lupa untuk bersyukur. Dari sekian kejadian dalam hidup, sudah berapa banyak kita mengucapkan rasa syukur? Sudahkah kita mensyukuri hal-hal dalam kehidupan kita? Lantas, sebenarnya apa sih makna bersyukur?

Beryukur atau Gratitude merupakan kemampuan diri untuk merespon dan berterima kasih dengan penuh rasa senang atas apa yang kita miliki. Rasa syukur ini dapat muncul ketika kita memperoleh sesuatu hal positif dalam hidup baik dari manusia, alam, ataupun faktor lainnya. Tentunya dengan menyadari rasa syukur tersebut dalam diri kita, kita cenderung akan menghargai pengalaman-pengalaman yang kita temui dalam hidup.

Terkadang sibuknya kehidupan membuat kita lupa untuk menyadari kejadian-kejadian sederhana dalam hidup yang nyatanya mampu kita syukuri. Hal-hal sederhana seperti kehadiran keluarga, teman, dan orang-orang yang kita sayangi dalam hidup kadang kita lupakan begitu saja. Padahal kehadiran mereka dapat menjadi salah satu hal yang kita syukuri. Sesederhana dapat memulai hari lebih pagi dari biasanya, juga dapat mejadi hal yang kita syukuri.

Advertisement

Bersyukur memiliki beberapa manfaat dalam hidup. Dengan bersyukur dapat meningkatkan kebahagiaan, menjadi pribadi yang lebih optimis, dan hidup yang terasa lebih baik. Rasa syukur dapat meringankan stres karena membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur atas apa yang kita miliki. Selain itu, bersyukur membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan kepuasan hidup.

Lalu, bagaimana cara sederhana untuk melatih diri agar dapat bersyukur?

1. Ucapkan terima kasih setiap bangun pagi

Yup, kita bisa mengucapkan terima kasih setiap bangun pagi untuk berterima kasih kepada Tuhan dan diri sendiri atas hari yang kita miliki. Memulai hari dengan perasaan positif dapat membuat harimu terasa lebih baik.

2. Menuliskan gratitude journal

Salah satu cara sederhana untuk melatih rasa syukur adalah dengan membuat gratitude journal. Gratitude journal merupakan jurnal atau buku harian yang berisikan hal-hal yang kita syukuri dalam hidup. Berbagai macam hal yang kita syukuri dapat kita tuliskan pada jurnal tersebut. Besar atau kecil hal yang kita syukuri, bebas untuk kita tuliskan. Kita dapat menggunakan berbagai media untuk menuliskan gratitude journal, menggunakan pulpen, pensil, buku, ataupun media digital. Cobalah untuk menuliskan 3-5 hal kejadian-kejadian positif yang terjadi di hari itu. Tuliskan pada sebuah buku atau media digital sebelum tidur. Dapat pula menuliskan alasan-alasan mengapa mensyukuri hal tersebut. Gratitude journal bermanfaat bagi kita karena membuat kita lebih menyadari tentang hal-hal yang terjadi dan patut kita syukuri di kehidupan sehari-hari. Coba lakukanlah minimal selama 1 minggu dan rasakan manfaatnya!

3. Menghargai kehadiran orang-orang di sekeliling kita

Menyadari kehadiran orang-orang dalam kehidupan kita dapat menjadi salah satu cara kita melatih rasa syukur. Dengan menghargai kehadiran mereka dan waktu yang telah mereka luangkan bagi kita. Kita juga dapat menuliskan tentang apa yang kita syukuri dari kehadiran mereka. Ini dapat memperkuat hubungan kita dengan orang tersebut.

4. Ucapkan terima kasih dan apresiasi pada hal-hal sederhana

Kita juga bisa membiasakan diri untuk mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi hal-hal dalam hidup. Seperti “Terima kasih ya atas bantuannya” ketika dibantu oleh orang lain atau mungkin sesederhana mengapresiasi sebuah makanan yang enak.

So, sudah tahu kan bagaimana cara melatih rasa beryukur dan berbagai manfaatnya? Yuk, kita coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE