Putus cinta memang sering kali mengakibatkan penderitaan jangka panjang dan menimbulkan tantangan di satu pihak. Salah satu penderitaan itu adalah agak sulit menerima kenyataan ketika Anda tidak lagi menerima pesan atau telepon dari seseorang yang dulu pernah menjadi bagian penting dari hidup Anda.

Jika ini terjadi, tak jarang kita pun jadi kepo terhadap sang mantan. Salah satu cara memantaunya adalah dengan menguntitnya di media sosial. Cukup mudah bukan untuk tahu kondisinya saat ini dengan membuka profil Facebook atau Instagramnya?

Advertisement

Tapi, harus diingat, semakin kita kepo dan tahu seperti apa kondisinya sekarang semakin membuat kita merindukan atau bahkan menginginkan dia kembali. Akibatnya, kita sendirilah yang merana, sementara sang mantan mungkin sudah move on dan menemukan tambatan hati baru. Maka, seperti dikutip dari TNN, segera hentikan aktivitas menguntit sang mantan di media sosial jika Anda ingin move on.

Seperti apa caranya?

1. Hapus, blok, hapus Ketika Anda yakin bahwa mantan Anda tidak lagi layak mendapatkan tempat dalam hidup Anda, maka mulailah misi ini dengan bersih-bersih media sosial (medsos). Hapus (delete) dia dari daftar pertemanan Anda dan un-follow dia dari platform medsos lainnya. Ini akan menjamin bahwa foto dan aktivitas harian mereka tidak akan lagi muncul di beranda Anda dan kalian berdua akan benar-benar terpisah satu sama lain. Tetap berhubungan hanya akan membuat Anda merenungi apa yang terjadi di masa lalu dan apa yang akan terjadi di masa depan. Dan, jangan berhenti di sini. Lanjutkan dengan memblokir mantan dari mana pun sehingga Anda bisa menghindari hak Anda untuk menguntitnya ketika Anda merindukannya.

Advertisement

2. Beritahu teman Anda Biarkan teman-teman dekat Anda tahu bahwa Anda dan pasangan sudah tidak lagi bersama dan ini adalah keputusan yang sudah bulat. Minta mereka agar tidak jadi comblang atau berusaha menyelesaikan masalah kalian berdua atau membahas apa yang salah. Jelaskan bahwa ini adalah keputusan akhir dan Anda akan lebih menghargai dukungan mereka untuk kembali ke kehidupan normal.

3. Cari pengganti Unduh aplikasi keren atau serial televisi baru dan habiskan waktu dengan mereka kapan pun Anda merasa ingin menguntit sang mantan. Tambahan, pasang wallpaper motivasi di laptop dan telepon seluler (ponsel) Anda untuk mengingatkan diri Anda bahwa jalan ke depan akan jauh lebih baik.

4. Hukum dan beri imbalan diri Anda Bisa dipahami bahwa godaan menguntit sang mantan bisa benar-benar kuat pada sekali waktu dan Anda mungkin akan melakukannya. Tapi, Anda tentu bisa mengatasinya. Salah satunya adalah dengan memulai sistem hukum dan imbalan. Sekali sepekan, beri kesempatan diri Anda untuk mem-browse media sosial tanpa menguntit mantan. Itu bisa gaun yang sudah lama Anda incar, makanan favorit Anda atau hal lainnya. Set mata Anda untuk melihat sesuatu yang menyenangkan diri Anda dan gunakannya sebagai motivasi untuk tidak menguntit sang mantan.

Kalau Anda gagal, tetap ikuti aturan permainan ini dan tunggulah pekan lain untuk mendapatkan apa yang sudah lama Anda inginkan.

5. Yang ini wajib Anda lakukan Strategi apa pun yang Anda coba, semua akan runtuh jika Anda tidak punya niat yang kuat. Percayalah, ini adalah hal pertama dan utama yang Anda butuhkan untuk mengalahkan perang ini. Buatlah ini sebagai catatan mental bahwa Anda harus tetap berjuang dan melampau fase yang sulit ini akan membuat hidup Anda lebih baik dan lebih terang.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya