Seringkali sebagai karyawan baru kamu dipermainkan rekan kerjamu di kantor. Kamu dibebankan tugas yang notabenenya itu bukan tugasmu. Kadang sebagai karyawan baru yang belum terlalu jauh mengenali lingkungan baru, dan masih dangkal dengan karakter rekan kerjamu, kamu bersedia saja membantu. Dengan asumsi semua itu adalah kerja sama team.

Padahal sebenarnya kamu sedang dipermainkan. Dengan kata lain kamu dimanfaatkan untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Berikut 5 tips agar kamu tidak dieksploitasi di tempat kerjamu yang baru:

Advertisement

Ketahui job desk

Saat penandatanganan kontrak kerja, pastikan kamu membaca seluruh isi kontrak kerja. Di sana biasanya tertulis seluruh tugas dan tanggung jawab yang harus kamu penuhi untuk perusahaan. Jika dikontrak kerja tidak dituliskan job deskmu dengan detail, mintalah HRD untuk menjelaskannya atau kepada managermu yang baru.

Ketahui struktur organisasi di perusahaanmu

Advertisement

Seringkali kamu dimanfaatkan orang lain karena kamu tidak mengetahui struktur organisasi di perusahaanmu. Semua tugas yang masuk kamu selesaikan dengan senang hati, karena terbuai dengan suasana kerja yang baru. Padahal sebenarnya itu diluar tanggung jawabmu.

Pahami sifat dan karakter rekan kerjamu

Sifat dan karakter semua orang pasti berbeda. Mulai dari yang baiknya di depan sampai yang menikam di belakang. Untuk itu pastikan kamu mengenali sifat dan karakter rekan kerjamu dengan baik.

Tegas dalam mengambil keputusan

Kamu juga sering dimanfaatkan lingkungan sekitarmu karena kurang tegas dalam mengambil keputusan. Ketika kamu berada diforum diskusi lalu dibebankan tugas tertentu, tegaslah menolak jika ternyata tugas itu diluar job deskmu.

Bekerja karena tanggung jawab bukan cari muka

Dimana pun kamu bekerja, bekerjalah karena tanggung jawabmu. Bukan karena diperintah atasan (read: cari muka). Orang yang bekerjanya karena asal bos senang, selain gampang dimanfaatkan juga biasanya kurang disenangi rekan kerjanya.

Demikian 5 tips agar kamu tidak dieksploitasi diperusahaanmu yang baru. Dari 5 tips ini yang tidak kalah penting adalah memelihara kejujuran. Orang yang jujur selain disenangi lingkungannya, juga disayangi Tuhan tentunya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya