Menulis bagi sebagian orang memang aktivitas yang membosankan. Tapi, bagi sebagian orang menulis merupakan aktivitas rutin yang tidak dapat dipisahkan dari keseharian. Ia yang bosan bisa jadi belum bisa merasakan manfaat menulis. Sebaliknya, menulis bagi mereka yang menjadikannya kegiatan keseharian sudah bisa merasakan manfaat dari kegiatan menulis. Apa saja sih yang kamu dapatkan dari menulis? Penting nih untuk kamu semua khususnya kamu yang pemula biar kamu lebih mantap untuk menulis.

1. Hilangkan Stress

Advertisement

Kegiatan menulis dapat meluapkan apa isi hati dan apa yang kita pikirkan. Bisa jadi apa yang kita adalah masalah-masalah yang berkecamuk ataupun sedang terjadi di depan mata kita. Dengan menuliskan hal-hal tersebut paling tidak akan meringankan beban pikiran kita. Sehingga tingkat stress dapat terkurangi. Bagi kamu yang ingin memulai menulis pasti akan merasakan manfaat ini. Kamu akan merasakan masalah-masalah yang ada dihidupmu terkurangi dan secara tidak sadar akan mengurangi tingkat stress kamu.

2. Menyalurkan Hobi

Bagi yang sudah memiliki hobi menulis justru kamu akan pusing atau ada yang kurang dalam hidup kamu jika tidak menulis. Ibarat kopi bagi penikmat kopi, ia akan kehilangan gairah hidup jika tidak menulis. Orang yang sudah memiliki hobi menulis akan lebih mudah menulis dibandingkan orang yang tidak memiliki hobi menulis. Lantas, bagaimana dengan kamu yang tidak memiliki hobi menulis. Gampang, jika kamu ingin menulis kamu harus suka dulu untuk menulis. Paling tidak menanamkan rasa suka menulis dulu dalam jiwa dan hati kamu sebelum menulis. Maka, dengan sendirinya kegiatan menulis akan menjadi hobi kamu.

Advertisement

3. Mengasah Empati

Empati adalah sikap merasakan penderitaan orang lain. Dalam artian lain, empati ini akan membantu kamu untuk bersosialisasi di lingkungan kamu berada. Karena menulis itu adalah aktivitas kompleks yang tidak saja masalah yang kamu hadapi yang kamu tulis. Bisa jadi ide tuliskan terlahir dari hasil pengamatan kamu melihat persoalan di sekitar kamu. Entah, itu masalah teman, saudara, keluarga, ataupun masalah sosial yang kamu lihat. Keseringan mengamati inilah yang secara tidak langsung membentuk kepribadianmu sebagai manusia yang memiliki empati tinggi. Dengan sifat ini kamu akan mudah diterima dalam setiap kondisi pergaulan.

4. Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Modal awal menulis selain mengamati adalah dengan banyak membaca. Ibarat menulis adalah bak mandi, membaca adalah air untuk mengisi bak mandi tersebut. Tanpa membaca kamu akan kesulitan untuk menulis. Selain menambah wawasan dan pengetahuan, membaca juga dapat berpengaruh pada bentuk tulisan kamu. Membaca juga berpengaruh pada kualitas tulisan kamu. Bagi mereka yang jarang membaca tentu akan berbeda hasil tulisannya dengan mereka yang gemar membaca. Untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas kamu dituntut untuk banyak membaca. Dengan demikian, kamu akan menjadi individu yang berwawasan dan berpengetahuan luas yang tentunya akan berpengaruh untuk menjalani kehidupan dan menyelesaikan permasalahanmu.

5. Menjadikan Pribadi yang Dewasa

Menulis dapat membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa. Mengapa? Karena pada dasarnya menulis itu menjawab masalah-masalah yang ada dalam kehidupan. Dengan sendirinya, setiap pemikiran kamu bersifat solutif. Lihatlah para penulis handal akan memiliki pemikiran dewasa dalam setiap tindakannya. Pribadi yang dewasa ini membuat kamu semakin bijaksana menyelesaikan masalah, baik masalah pribadi, keluarga, masyarakat, bahkan masalah kebangsaan.

6. Mendapatkan Uang

Nah, siapa yang tidak mau menjadikan hobi sebagai ladang penghasilan. Banyak sekali wadah yang menampung tulisan kamu dengan imbalan honor. Baik media cetak, ataupun media online. Wadah ini dapat kamu manfaatkan, meski tidak selalu tulisan itu dihargai dengan uang. Namun, paling tidak kamu bisa menjadikan aktivitas ini sebagai kerjaan sambilan. Lumayankan? Kamu sudah mendapatkan manfaat banyak dari menulis, dapat uang pula.

7. Ladang Amal

Tulisan yang kamu buat ternyata dapat menjadi ladang amal bagi kamu. Tulisan yang sudah dibaca oleh orang lain dapat bermanfaat bagi si pembaca. Nah, manfaat inilah yang menjadi amal yang tidak akan putus dan terus mengalir bagi kamu meski kamu sudah berada di alam berbeda.

Nah, bagaimana banyak bukan manfaat menulis bagi kamu. Tunggu apalagi berkarya dan berkaryalah. Dan jangan lupa nih, sebaik-baiknya tulisan ialah tulisan yang bermanfaat bagi orang lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya