8 Cara Bangkit dari Keterpurukan yang Kamu Alami

Kalau kamu sedang merasa terpuruk sekarang sehingga malas melakukan aktifitas seperti biasanya, coba baca ini.Beberapa step ini mungkin berguna buat kamu.

Advertisement

1. Ingatlah masa lalu.

Ya, ingatlah bagaimana dirimu ketika masih anak-anak. Hal apa saja yang kamu suka saat itu dan apa saja keinginanmu untuk dicapai ketika sudah dewasa.

2. Ingatlah caci maki orang lain.

Advertisement

Selama hidupmu, kamu pasti pernah dicibir, dimaki dan dipandang sebelah mata oleh orang-orang di sekitarmu. Cobalah ingat baik-baik isi hinaan itu. Lihat maksud dan tujuan mereka mengucapkannya. Sebagian adalah demi kemajuanmu.

3. Ingatlah pesan kedua orang tua dan guru.

Nah, ini yang paling penting. Coba kau ingat pesan-pesan yang diberikan oleh orang tua dan gurumu. Mereka ingin kamu menjadi orang yang seperti apa di masa depan? Ingat baik-baik.

4. Lihat cermin!

Ini bukan omong kosong. Tapi metode cermin ini banyak digunakan oleh orang-orang dan berhasil. Tataplah dirimu di dalam cermin, perhatikan baik-baik wajahmu. Kau akan berpikir apakah wajahmu itu akan selamanya murung atau kau akan merubahnya untuk jadi ceria.

5. Keluar rumah!

Berada di dalam rumah dan mengurung diri adalah kesalahan terbesar bagi kamu yang sedang terpuruk. Keluarlah! Tidak ada tujuan? Tujuan tidak penting! Keluar saja dulu. Kamu bisa nongkrong di warung atau sekedar berjalan kaki di trotoar. Ini bertujuan supaya kamu bisa lihat bahwa orang-orang di luar sana sedang bersusah payah memperjuangkan hidup mereka, cita-cita dan mimpi mereka.

6. Temui seorang teman.

Temuilah salah seorang temanmu, bagaimanapun caranya. Kau butuh teman bicara. Merasa tidak punya sahabat atau teman dekat? Tidak masalah. Lihat phone book di ponselmu. Hubungi salah satu nama yang bisa kau ajak ketemu. Atau langsung saja datang ke rumahnya. Kamu akan mendapat suntikan semangat dari temanmu.

7. Berkarya!

Agar otakmu tidak menjadi tumpul akibat keterpurukanmu, cobalah berkarya! Ya, buatlah karya apapun, sekecil apapun. Misalnya menggambar, menulis pusisi, cerpen atau mengarang lagu. Kamu tidak perlu melakukannya dengan ahli atau profesional. Lakukan saja sebisamu. Lebih bagus lagi jika kamu melakukannya di hadapan temanmu.

8. Bermimpi lagi.

Yang terakhir, setelah kamu sudah melalukan semua hal di atas. Buatlah mimpi baru! Mimpi akan menuntunmu pada sebuah rencana. Saat kamu sudah membuat rencana, kerjakan! Ini akan menjadi bukti bagi dirimu sendiri bahwa kamu sekarang sedang berusaha bangkit.

Semoga bermanfaat untuk membantu kamu bangkit dari keterperukuan guys!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Part time worker, full time dreamer.

One Comments

  1. Iman Al-Ashr berkata:

    Wahh… Sangat memotivasi banget.
    Kenyataan yang saya rasakan nyata….
    Ada di nomor
    4. Lihat cermin
    5. Keluar rumah!
    Ternyata sudah tertulis jelas disini.
    Makasih min ? jadi bisa meluruskan hati saya…

CLOSE