What you don't understand is
I'd catch a grenade for ya
Throw my hand on a blade for ya
I'd jump in front of a train for ya
You know I'd do anything for ya

Oooh
I would go through all this pain
Take a bullet straight right through my brain
Yes, I would die for ya, baby
But you won't do the same

Kamu-kamu pasti tahu kan lirik lagu di atas? Lagu yang bikin semua perempuan kelepek-kelepek karena kemaksimalan cinta dari si laki-laki. Buat kamu-kamu yang lagi hot-hot nya pacaran pasti pernah dengar kata-kata yang kurang lebih mirip dengan lirik lagu "Grenade" dari Bruno Mars di atas, seperti berikut ini:

Advertisement

"Aku gak bisa jauh-jauh dari kamu"

"Kamu kalau mau kemana-mana kasih tahu aku ya, biar aku antar jemput kamu"

"Kamu pakai rok yang ini aja biar cantiknya makin kelihatan"

"Kamu kok lebih peduli sama teman-teman kamu sich?"

"Aku mending mati kalau kamu putusin aku"

Kata-kata manis madu seperti itu pasti membuat kamu berbunga-bunga dalam hati. Wow, kamu special banget di mata dia sampai dia ga bisa jauh dari kamu, dia rela antar jemput kamu di sela-sela kesibukannya dia, dia perhatian banget pilihin baju buat kamu supaya kamu kelihatan cantik, dia bahkan rela mati buat kamu. Pasti senang banget ya punya pacar seperti itu. Tapi apakah kamu yakin itu makna sebenarnya dari kalimat-kalimat manis dia?

Mari kita tes bersama-sama. Seandainya kamu berada jauh dari dia, apa yang akan dia lakukan? Seandainya kamu bilang kamu diantar jemput sama teman kamu, apa yang akan dia katakan? Apakah dia akan marah? Apakah dia akan langsung cemburu? Seandainya kamu tidak mengikuti saran dia soal pilihan bajumu, bagaimana reaksi dia? Mari masukkan semua pengandaian ini ke dalam kata-katanya.

Advertisement

Bila setelah semua pengandaian ini terjadi dan reaksinya ternyata membuat kalian tidak nyaman, kalian harus mulai berhati-hati dan berpikir ulang soal hubungan kalian. Misal: hanya beberapa jam saja kamu tidak memberi kabar dimana kamu berada, dia langsung kebakaran jenggot “Kamu kemana aja sich? Kenapa gak kasih tau aku? Aku kuatir banget! Aku cari-cari kamu ke semua tempat.” Oww, so sweet banget, dia kuatir soal keberadaan kamu. Heeyyy, menurutmu apakah kamu wajib memberitahu dia kemanapun kamu pergi? Apakah kamu sedemikian tidak bisa menjaga diri sampai-sampai dia harus selalu siap-antar-jaga?

Atau bagaimana kalau memakai baju kesukaanmu yang mungkin agak tertutup buat dia, apakah dia langsung berkomentar seperti ini “ Loh kok kamu pakai baju yang ini? Aku kan uda pernah bilang pundak sama kaki kamu tu bagus, jadi kamu harus pakai baju yang lebih nunjukkin itu. Baju kayak gini kan uda ketinggalan jaman sayang, kayak nenek-nenek”. Bagaimana menurut kalian reaksi dia? Apakah kecantikan kalian ditentukan oleh baju yang kalian pakai? Jadi kalau kamu memakai baju kesukaanmu yang bukan kesukaan dia, kamu kecantikanmu langsung pudar?

"Tapi itu artinya dia sayang banget sama aku kak, dia perhatian sama aku, gak mau aku kenapa-napa.."

Iya sich, kata-katanya memang menunjukkan kalau dia perhatian sama kamu tapi kenyataannya, pacarmu lebih emosi karena kamu tidak memberitahu dia kemana kamu pergi daripada ikut gembira karena ternyata kamu baik-baik saja dan kamu bisa menghabiskan waktu bersama teman-teman atau keluargamu, dia lebih kesal karena kamu tidak mengikuti pilihan bajunya yang menurutnya lebih seksi daripada tetap menganggap kamu cantik dalam baju yang nyaman kamu pakai. Apa kamu yakin kamu mau bersama-sama dengan laki-laki seperti itu dalam waktu lama? Bisa-bisa di kemudian hari untuk ngupil pun harus atas ijin dia, menggunakan teknik andalan dia dan target hasil yang memuaskan dia.. Or maybe even worse.

Jadi, sebagai orang yang sudah malang melintang di dunia percintaan, biarkan saya memberikan nasehat kepada kalian perempuan-perempuan cantik di seluruh Indonesia. Berhati-hatilah dengan kalimat-kalimat manis seperti di atas. Kalian bisa jadi berbunga-bunga saat mendengarnya tetapi saat semuanya bergulir seperti bola salju semakin besar, semakin sulit untuk kalian keluar dari situasinya. Kalian seharusnya punya kebebasan untuk menentukan apa yang ingin kalian lakukan dengan waktu kalian, dengan siapa kalian bergaul, pakaian apa yang hendak kalian pakai, dan pasangan kalian seharusnya mendukung atau memberi kritik yang membangun, bukan membuat kalian merasa tidak berdaya, tidak cantik dan tidak berharga. Jadi lain kali kalian mendengar kalimat-kalimat manis dari si dia, jangan keburu kelepek-kelepek dulu yaa..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya