Wahai para guru, apakah Anda yakin kalau cara mengajar Anda selama ini sudah benar ? Anda sudah yakin kalau selama ini sudah sukses dan berhasil mendidik murid-murid Anda ? Anda sudah yakin kalau murid-murid Anda sepenuhnya sukses berkat Anda.

Sulit untuk menjawabnya dengan TIDAK. Namun sebelum penulis memberikan jawaban yang bercetak tebal tersebut, penulis akan membawa Anda para guru kepada suatu fakta yang memang selama ini terjadi di negeri kita ini.

Advertisement

Sebut saja namanya Bimbingan Belajar atau disingkat Bimbel atau bisa juga disebut les. Itulah pesaing Anda wahai para guru. Mengapa ? Karena para orang tua kini sudah mulai tidak percaya kepada Anda. Ya, bagaimana tidak ? Bimbingan belajar memiliki metode mengajar yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan cara mengajar Anda.

Banyak murid yang merasa jauh lebih paham akan suatu materi setelah mempelajarinya di bimbingan belajar ketimbang belajar di sekolah. Parahnya lagi, mereka tidak memberikan tugas rumah melainkan membantu siswa mengerjakan tugas rumah yang Anda berikan.

Menurut penulis, bukankah dengan belajar di bimbingan belajar sama saja dengan belajar dua kali ? Lalu mengapa para orang tua rela membayar jutaan agar anaknya bisa sukses dalam ujian di sekolah ? Tentunya semua itu karena mereka tidak percaya kepada Anda para guru.

Advertisement

Mereka melihat nilai anaknya yang tidak pernah naik-naik dan terus saja nyaman dengan angka sembilan terbalik. Namun suatu keajaiban terjadi setelah mereka mendaftarkan anak mereka di bimbingan belajar.

Mungkin tidak semuanya tapi sebagian besar nilai anak mereka naik drastis. Bisa kita lihat pula pada testimoni yang terpampar di suatu brosur bimbingan belajar, banyak murid yang belajar di bimbingan belajar tersebut mengaku bahwa materi yang diberikan di bimbingan belajar jauh lebih mereka pahami dibandingkan di sekolah. Dan sekali lagi ada yang jauh lebih parah lagi adalah, beberapa murid hasil didikan bimbingan belajar tersebut meraih nilai tertinggi di ujian nasional. Jadi, itu semua bukan berkat bimbingan sekolah ? Jadi, sekolah hanya sebagai formalitas untuk mendapatkan ijazah dan ikut ujian negara ? Jadi, bimbingan belajar lebih unggul dari sekolah ?

Semua jawaban ada pada Anda selaku pembaca. Anda mau tetap menghargai guru di sekolah, atau sukses dengan belajar dua kali di bimbingan belajar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya