CARA MUDAH MENGATASI RASA NGANTUK SAAT BELAJAR DI KELAS

Tidak bisa dipungkiri, mengatasi rasa ngantuk saat belajar itu tidak mudah. Bahkan kebanyakan mahasiswa dan pelajar yang mengaku tidak dapat mencapai target belajar dikarenakan selalu mengantuk saat sedang belajar. Ada yang menyatakan bahwa mengantuk adalah penyakit yang menular. Sebernarnya pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar dan tidak juga sepenuhnya salah. Menurut apa yang sering saya alami mengantuk biasanya datang pada saat menghadapi guru atau dosen yang cara mengajarnya itu membosankan. Apalagi ketidaksukaan terhadap sebuah mata pelajaran tertentu memang seringkali membuat kita mengantuk saat belajar.

Advertisement

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengatasi ngantuk, ada baiknya kita mengetahui hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan kantuk.

Kekurangan kalori dan juga zat gizi dalam tubuh

Penyebab dari rasa ngantuk dapat disebabkan oleh kurangnya asupan kalori dan berbagai macam kebutuhan nutrisi untuk tubuh.

Advertisement

Maka dari itu, untuk mengoptimalkan asupan kalori dan juga zat gizi di dalam tubuh anda dapat melakukan beberapa hal berikut :

Wajib melakukan sarapan atau makan pagi

Minum suplemen yang mampu meningkatkan asupan vitamin dan juga zat gizi tubuh

Jangan terlalu banyak beraktivitas

Terlalu banyak makan

Tidak hanya kurang makan dan kurang kalori, ternyata fakta dan juga hasil penelitian mengatakan bahwa mengalami kelebihan asupan makanan akan menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa. Nah, maka dari itu, anda pun juga harus mampu untuk mengontrol asupan kalori yang masuk kedalam tubuh anda, agar anda tidak merasa lemas atau mengantuk saat beraktivitas.

Dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu gejala tubuh yang mengalami kekurangan atau defisit cairan, sehingga metabolisme didalam tubuh menjadi tidak optimal. Selain itu, dapat juga berakibat pada menurunnya konsentrasi.

Menurunnya suplai oksigen ke otak

Menurunnya suplai oksigen akan membuat fungsi dan juga kerja dari otak menjadi tidak optimal, sehingga efeknya dapat menyebabkan kantuk dan juga lemas.

Biasanya, penyebab umum terjadinya penurunan suplai oksigen antara lain :

Dehidrasi

Kurangnya asupan gizi di dalam tubuh

Sesak nafas

Tekanan darah rendah

Kurang olahraga

Olahraga yang cukup akan membuat badan menjadi segar dan juga membuat peredaran darah menjadi lancar. Tubuh yang lemas, tidak berenergi bisa juga bisa juga disebabkan karena kurangnya olahraga, namun melakukan olahraga terlalu berat pun juga akan menjadikan tubuh kelelahan yang akan memicu rasa ngantuk.

Setelah tadi kita membahas apa saja penyebab mengantuk, sekarang saya akan berbagi tips bagaimana cara mengatasi ngantuk saat belajar di kelas.

Cara mengatasi ngantuk dengan ngemil

Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsi sesuatu misalnya permen, krupuk atau makanan ringan lainnya. Kerena dengan mengkonsumsi sedikit camilan akan membuat otak tidak hanya terfokus pada pelajaran.

Cara mengatasi ngantuk dengan berbicara

Jika rasa ngantuk itu tiba, cobalah untuk bertanya pada guru, jika tidak ada yang ingin ditanyakan, kita coba dengan sedikit mengganggu teman. Dengan begitu otak kita tidak akan merasa bosan.

Cara mengatasi ngantuk dengan minta ijin ke toilet

Lakukan olahraga ringan misalnya berjalan keluar kelas dengan minta ijin pergi ke toilet. Karena selain bergerak dapat mengurangin kantuk, kita juga dapat suasana baru di luar kelas, kita juga bisa cuci muka untuk ngilangin ngantuk.

Cara mengatasi ngantuk dengan mengayunkan kaki

Ayunkan kaki ke depan belakang kanan ke kiri. Kalau masih ngantuk juga, copot sepatu, di jamin kaki anda akan merasa dingin dan tidak ngantuk lagi.

Di atas adalah tips dari saya yang saya dapat dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi. Semoga artikel CARA MUDAH MENGATASI RASA NGANTUK SAAT BELAJAR DI KELAS dapat bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba dan semoga sukses

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya